Awas Potensi Aquaplaning saat Ngebut lewat Genangan Air

Dec 14, 2020 17:41
Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Adanya genangan air saat musim hujan patut diwaspadai para pengguna kendaraan bermotor. Pasalnya, ketika berkendara dengan kecepatan tinggi, kemudian melewati genangan air, pengendara kendaraan bermotor bisa mengalami Aquaplanning yang itu bisa membahayakan pengendara.

Aquaplaning merupakan kondisi saat ban tidak mendapatkan cengkraman atau traksi pada permukaan jalan karena terhalang lapisan air. Dalam kondisi seperti itu kendaraan cenderung sulit dikendalikan dan bisa berujung kecelakaan.

Baca Juga : Jangan Masuk Area Blind Spot, Akibatnya Bisa Fatal

Terkait potensi Aquaplaning yang bisa terjadi kepada pengendara saat melintasi genangan air, dibenarkan Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution.

"Saat ini curah hujan cukup tinggi di wilayah Kota Malang terjadi hingga siang bahkan malam hari. Tentunya di Malang Kota sendiri banyak titik titik yang memang terjadi genangan air. Dan genangan air itu cukup membahayakan bagi pengguna kendaraan bermotor," jelasnya, Senin (14/12/2020).

Untuk itu, pihaknya mengimbau, agar masyarakat mengurangi kecepatan kendaraan manakala  melewati genangan air. Selain adanya genangan air, ban kendaraan yang sudah mulai halus juga mempengaruhi atau meningkatkan potensi terjadinya aquaplaning.

"Jadi genangan air ini dapat menjadi kecelakaan lalu lintas, karena dimana ban kendaraan dan aspal memiliki jarak yang biasanya tergenang oleh genangan air yang biasa disebut aquaplaning. Sehingga bisa menyebabkan kendaraan tergelincir dan terjadi kecelakaan. Makanya kurangi kecepatan dan juga jangan melakukan pengereman mendadak," bebernya.

Sementara itu, untuk potensi Aquaplaning, khususnya di Kota Malang, dijelaskan Kasatlantas cukup kecil terjadi. Sebab, kondisi Kota Malang cukup padat kendaraan. Biasanya aquaplaning biasanya terjadi di ruas jalan tol yang memang banyak kendaraan berkecepatan tinggi.

Baca Juga : Cegah Laka Maut, Polisi Bentuk Tim Khusus Pantau dan Inventarisir Jalan Berlubang

"Kota malang ini cukup padat kendaraannya, memang saat hujan, menimbulkan genangan. Namun genangan air ini menyebabkan terjadi kepadatan. Sehingga masyarakat yang melintas memakai kendaraan bermotor tentunya tidak akan terjadi aquaplaning," pungkasnya.

 

Topik
Berita MalangKasatlantas Polresta Malang KotaWaspada Aquaplaning

Berita Lainnya

Berita

Terbaru