Kembali Melonjak Tinggi, Sehari Kota Malang Bertambah 124 Kasus Covid-19

Dec 13, 2020 18:38
Ilustrasi. (Foto: Source google).
Ilustrasi. (Foto: Source google).

MALANGTIMES - Jelang akhir tahun, kasus Covid-19 di Kota Malang kembali melonjak tinggi. Per hari ini (Minggu, 13/12/2020) tercatat ada tambahan 124 pasien terkonfirmasi positif.

Setelah beberapa bulan terakhir angka kasus setiap harinya cukup landai karena tak lebih dari 10 pasien, kini lonjakan tersebut bisa dibilang paling tinggi semenjak pencatatan kasus Covid-19 Kota Malang pertama pada Maret 2020 lalu.

Baca Juga : Kota Batu Turun Status Jadi Zona Oranye Setelah 6 Hari Zona Merah

Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menyatakan, dengan tambahan 124 kasus baru, kini total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang menembus angka 2.648.

"Dari total tersebut, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia ada 259, pasien sembuh tercatat sebanyak 2.214, dan yang masih dalam pemantauan atau perawatan ada 175 orang," terangnya.

Pria yang akrab di sapa Wiwid ini menjelaskan, adapun kontribusi bertambahnya kasus Covid-19 di Kota Malang dalam beberapa hari terakhir ini karena adanya beragam klaster. Baik itu lingkup perkantoran hingga instansi pendidikan.

"Untuk klasternya, mulai dari klaster perkantoran, lingkungan pendidikan atau perguruan tinggi, pekerja lapangan, transmisi lokal (pergerakan orang antar daerah) serta peningkatan status pasien suspek yang menjalani perawatan di rumab sakit, dan sudah keluar hasil Swab-nya," paparnya.

Sementara itu, saat ini untuk suspek pasien Covid-19 di Kota Malang totalnya sebanyak 3.926. Rinciannya, pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit ada 220 orang, kemudian pasien yang menjalani isolasi di rumah ada 101. Kemudian, pasien meninggal dunia ada 101, dan discarded mencapai 3.504 orang.

Baca Juga : Tambah 10 Orang, Pasien Sembuh di Kabupaten Malang Didominasi dari Singosari

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan jelang akhir tahun ini Kota Malang memasuki fase kerentanan lantaran lonjakan kasus yang meninggi.

Karenanya, Pemkot Malang mengambil langkah untuk kembali mengetatkan operasi yustisi. Di samping juga terus mengimbau masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Ini kita memasuki fase-fase rentan. Bisa kita cermati dalam beberapa bulan kita berada pada masa landai dan angka kasus positif yang dalam pemantauan bahkan dibawah 5. Namun di bulan Desember ini lonjakan cukup tinggi. Ini lompatan dan lonjakan yang tidak main-main serta perlu pengetatan kembali," ungkapnya.

Topik
Berita MalangCovid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru