Benarkah Rasulullah SAW Mengetahui Hal Gaib? Surat Ini Jadi Kuncinya

Dec 13, 2020 07:22
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Alam gaib merupakan alam dunia yang berada di luar batas kemampuan pengertian akal manusia. Beberapa hal yang berkaitan dengan malaikat dan jin disebut sebagai alam gaib. Termasuk di dalamnya adalah mengenai keberadaan surga dan neraka. Lantas, seperti apa sebenarnya keberadaan alam gaib bagi Rasulullah SAW?

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah channel YouTube Khalid Basalamah Official menjelaskan, Rasulullah SAW tidak mengetahui hal-hal gaib. Hal itu terlihat dari beberapa hadits yang menyebutkan jika Rasulullah SAW akan menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh umat dan sahabatnya setelah mendapatkan wahyu dari Allah SWT.

Baca Juga : Terhindar dari Emosi, Begini Wasiat Rasulullah SAW

Pernah datang seorang pendeta Yahudi bernama Abdullah bin Salam. Dia berkata, “Saya mau bertanya kepadamu wahai Muhammad, apa makanan pertama di surga, dan kapan seorang anak menyerupai ayahnya dan kapan seorang anak menyerupai ibunya?”

Rasulullah SAW lalu berkata, “Baru saja Jibril datang kepadaku dan mengatakan jawabannya.”

"Sungguh dia musuh orang-orang Yahudi dari kalangan Malaikat," jawab Abdullah bin Salam.

Namun yang perlu digarisbawahi, Rasulullah SAW tidak malu jika Malaikat Jibril baru memberitahukannya. Karena Nabi Muhammad SAW memang tidak mengetahui hal-hal yang gaib.

Allah SWT berfirman, “Katakanlah wahai Muhammad, andai saja aku mengetahui hal yang ghaib, maka tentu saja aku akan memperbanyak amal-amal kebaikan. Dan juga, aku tidak akan ditimpa satu masalah.”

Baca Juga : Terbelahnya Bulan Menjadi Dua, Mukjizat Rasulullah SAW yang Terbukti Secara Ilmiah

Sehingga, Rasulullah SAW tidak mengetahui hal yang gaib sampai turun wahyu dari Allah SWT. Tidak benar jika ada manusia yang mendapatkan berita gaib. Karena Wahyu telah terputus setelah Nabi Muhammad SAW meninggal. Jibril pun sudah tidak pernah lagi turun ke bumi untuk menyampaikan wahyu-wahyu Allah SWT.

"Dan Malaikat Jibril hanya diurus oleh Allah SWT untuk menemui nabi-nabi Allah dalam menyampaikan Wahyu," jelas Ustadz Khalid.

Bukti lain yang menyebutkan jika hanya Allah SWT yang bisa mengetahui hal gaib adalah Firman yang berbunyi, "Dan hanya di sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib. Tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan. Dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula). Dan, tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan Bumi dan tidaklah ada sesuatu yang basah atau pun yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)," (Al-An’am: 59).

Topik
Kisah Rasulullah SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru