Antisipasi Kluster Keluarga, Tim Covid Hunter Jemput Pasien yang Isolasi Mandiri di Rumah

Dec 12, 2020 14:49
Suasana saat pasien Covid-19 yang dijemput dibawa ke Rumah Isolasi (Ist)
Suasana saat pasien Covid-19 yang dijemput dibawa ke Rumah Isolasi (Ist)

MALANGTIMES - Untuk mengantisipasi adanya kluster keluarga, Tim Covid Hunter Polresta Malang Kota, menjemput pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka yang dijemput, kemudian dibawa dan diisolasi di Rumah Isolasi yang ada di Jalan Kawi, Klojen, Kota Malang.

Kasubaghumas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni, menjelaskan, jika hal ini memang dilakukan agar penyebaran virus Covid-19 bisa ditekan dan tidak semakin meluas, khususnya di Kota Malang. "Data (informasi) dari Satgas Covid dan juga dari  Babinkamtibmas yang sudah tahu data pasien di wilayahnya," jelasnya.

Baca Juga : Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Batu Mencapai 77 Persen

 

Setelah mendapatkan informasi, tentunya tim akan mendatangi dan berkoordinasi dengan yang bersangkutan, atau dalam hal ini pasien maupun pihak keluarga untuk selanjutnya dibawa menuju rumah isolasi.

"Dikomunikasikan terlebih dahulu, diberikan penjelasan akan dampak dan resikonya jika isolasi mandiri di rumah. Selama ini masyarakat menyambut baik," bebernya.

Lebih lanjut dijelaskannya, seperti halnya Jumat (11/12/2020), tim Covid Hunter Polresta Malang Kota juga telah melakukan penjemputan terhadap dua pasien Covid-19 yang melakukan kegiatan isolasi mandiri di rumahnya.

Dua orang tersebut yakni, N (44) seorang perempuan warga Kecamatan Kedungkandang dan seorang laki-laki berinisial H (38) warga Kecamatan Klojen yang melakukan Isolasi mandiri di rumahnya.

Sebelum dilakukan penjemputan, dua orang tersebut dihubungi terlebih dulu untuk diberikan penjelasan oleh petugas Bhabinkamtibmas maupun jajaran Polsek. Mereka tidak disarankan untuk tidak melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Karena resiko untuk menularkan Covid 19 kepada orang lain, khususnya keluarga mereka cukup tinggi.

Baca Juga : Lepas Kawasan PSBL, 21 Pasien Covid-19 di Desa Tlekung Sembuh

 

Setelah diberikan imbauan dan penjelasan, keduanya mengerti dan berkenan untuk dijemput dan dibawa ke rumah isolasi. Sehingga jalannya penjemputan pun berlangsung tanpa hambatan. "Dari penuturan salah satu pasien Covid-19 yang kami jemput, ternyata malah senang saat dibawa menuju ke Rumah Isolasi Jalan Kawi. Karena nantinya di tempat itu, ia akan mendapatkan Treatment dari tenaga kesehatan yang ada di Rumah Isolasi," jelasnya.

Sementara itu, ia juga kembali mengimbau masyarakat, agar dalam kegiatannya selalu mematuhi protokol kesehatan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. "Kami harapkan masyarakat patuh protokol kesehatan. Taati 3 M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," pungkasnya.

Topik
Berita MalangCovid 19Polresta Malang Kota

Berita Lainnya

Berita

Terbaru