Tujuh Kader Terbaik GP Ansor Berpeluang Terpilih Jadi Kepala Daerah, Salah Satunya Bupati Malang

Dec 12, 2020 11:58
Bupati Malang, HM. Sanusi (Dokumentasi MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi (Dokumentasi MalangTIMES).

MALANGTIMES - Setidaknya ada tujuh kader terbaik Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) yang berhasil mengungguli kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 yang digelar 9 Desember 2020 lalu. Ke-tujuh kader terbaik itu pun dalam waktu dekat akan memastikan diri untuk ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati di Jawa Timur. Salah satu kader terbaik itu ada yang dari Malang.

Keberhasilan para kader terbaik di Jawa Timur itu tentu menjadi salah satu bentuk perjuangan. Para kader terbaik itupun diharapkan mampu menjadi pemimpin yang amanah dan bisa semakin menyejahterakan masyarakat dari tataran eksekutif.

Tujuh kader yang berhasil memenangkan kontestan Pilkada itu adalah:

Baca Juga : Jika Terpilih, Paslon SanDi Optimis Bisa Genjot Sektor Ekonomi di Tengah Pandemi

 

1. H Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Wali Kota Pasuruan terpilih. Ia menjabat Dewan Penasehat di PW GP Ansor Jatim.

2. KH Balya Firjaun Barlaman sebagai Wakil Bupati Jember terpilih. Ia menjabat Dewan Penasehat di PW GP Ansor Jatim.

3. Muhammad Nur Arifin (Gus Ipin) sebagai Bupati Trenggalek terpilih. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua di PW GP Ansor Jatim.

4. Sugiri Sancoko sebagai Bupati Ponorogo terpilih. Ia menjabat sebagai Dewan Penasehat di PW GP Ansor Jatim.

5. Fandi Akhmad Yani sebagai Bupati Gresik terpilih. Ia menjabat sebagai Bendahara di PW GP Ansor Jatim.

6. Ahmad Muhdlor Ali sebagai Bupati Sidoarjo terpilih. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua di PW GP Ansor Jatim.

7. HM. Sanusi sebagai Bupati Malang terpilih. Ia merupakan kader terbaik GP Ansor sekaligus sebagai Dewan Penasehat PW GP Ansor Jawa Timur periode 2019-2023

Selain itu, Sanusi juga didapuk sebagai Dewan Penasehat GP Ansor Kabupaten Malang periode 2017-2021. Sebelumnya, HM Sanusi aktif sebagai Wakil Ketua GP Ansor Kabupaten Malang periode 2002-2005.

Pada tahun 1994-1997 HM Sanusi menjabat Sekretaris PAC GP Ansor Gondanglegi, Kabupaten Malang. Karirnya terus mengalami peningkatan hingga didapuk sebagai Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Gondanglegi pada tahun 1998-2001. Kemudian juga menjadi Wakil Ketua Harian Harian GP Ansor Kabupaten Malang 2001-2004. Dari situlah, ia terus mengembangkan karir organisasinya di Ansor.

Bupati Malang sekaligus bupati terpilih dalam Pilkada 2020, HM. Sanusi ketika dihubungi MalangTIMES pun menjelaskan jika ada banyak pengalaman yang ia dapatkan sebagai kader GP Ansor. Dari bekal perjalanan yang cukup panjang itu, dia mengambil semangat untuk menjadi pemimpin yang amanah.

"Sesuai dengan amanah Rasulullah SAW manusia harus memberikan manfaat terhadap sesama," katanya, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga : 2054 TPS Telah Direkapitulasi, Persentase Suara Stabil, SanDi 45%, LaDub 42%, HC-GH 12%

 

Dia pun berpesan, agar para pemuda GP Ansor terus mengembangkan kiprahnya dalam pembangunan. Baik melalui pemerintahan maupun dalam bidang yang lain. Sehingga mampu memberikan manfaat sebagaimana syariat Rasulullah SAW.

Lebih jauh dia menjelaskan, sebagai kader GP Ansor, Pemerintah Kabupaten Malang nantinya akan melibatkan para generasi milenial, tanpa kecuali pemuda GP Ansor. Sehingga mereka bisa terlibat dalam pembangunan di bidang ekonomi, sosial, budaya, maupun pariwisata.

"Sehingga kader Ansor bisa melanjutkan perjuangan dan berkiprah dalam pembangunan," terangnya lagi.

Dia berharap agar para generasi muda selalu mengambil pesan dari setiap proses kontestasi pemilihan kepala daerah apabila memang mereka menginginkan untuk terjun dalam dunia politik. Sehingga tidak tergiur untuk menghalalkan banyak cara agar bisa terpilih menjadi pemimpin.

"Jangan sok suci, tapi pemuda harus bisa menjadi generasi penerus yang baik dan melaksanakan apa yang telah diwasiatkan Rasulullah SAW," jelasnya.

Sanusi juga menerangkan jika ke depan, ia akan konsentrasi melakukan pembangunan pada berbagai sisi. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, hingga pariwisata. Masyarakat diharapkan mampu merasakan proses pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Untuk pendidikan maupun kesehatan, jika tidak mampu akan dilindungi oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Paling penting adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Sebagai informasi, HM Sanusi duet bersama Didik Gatot Subroto (Pasangan SANDI) berhasil meraih suara terbanyak versi quick count LSI Denny JA. HM Sanusi yang merupakan Kader GP Ansor itu memperoleh suara tertinggi sebesar 45,99 persen dalam hitung cepat Pilkada Kabupaten Malang 2020.

 

Topik
Gerakan Pemuda AnsorGP AnsorPemilihan Kepala DaerahPilkada Kabupaten MalangBupati dan Wakil Bupati di Jawa Timurkader terbaik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru