2054 TPS Telah Direkapitulasi, Persentase Suara Stabil, SanDi 45%, LaDub 42%, HC-GH 12%

Dec 10, 2020 20:41
Diagram hasil rekapitulasi perolehan suara sementara yang ada pada website KPU, Kamis (10/12/2020). (Foto: Pilkada2020.kpu.go.id)
Diagram hasil rekapitulasi perolehan suara sementara yang ada pada website KPU, Kamis (10/12/2020). (Foto: Pilkada2020.kpu.go.id)

MALANGTIMES - Sebanyak 2.054 TPS (Tempat Pemungutan Suara) dari 4.999 TPS atau 41,09 persen yang ada, telah memasukkan rekapitulasi data perolehan suara sementara di masing-masing TPS ke aplikasi Si Rekap (Sistem Rekapitulasi) milik KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang, Kamis (10/12/2020) per pukul 18.57 WIB. 

Berdasarkan pantauan media online ini pada website milik KPU yakni Pilkada2020.kpu.go.id hingga pukul 19.00 WIB belum terjadi update data terbaru dan menunjukkan hasil perolehan suara yang relatif stabil atau sama dengan jam-jam sebelumnya. 

Hasil rekapitulasi perolehan suara sementara yang ada pada website Pilkada2020.kpu.go.id menunjukkan, bahwa Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut satu yakni Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) masih memimpin dengan perolehan suara sebesar 218.709 suara atau sama dengan 45,2 persen. 

Sementara untuk Paslon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut dua yakni Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) memperoleh suara sebesar 206.868 suara atau sama dengan 42,7 persen. 

Sedangkan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut tiga yakni Heri Cahyono-Gunadi Handoko (HC-GH) memperoleh suara sebesar 58.461 suara atau sama dengan 12,1 persen. 

Jumlah perolehan persentase suara dari masing-masing Paslon tidak menunjukkan perubahan data yang signifikan dan relatif stabil. Khususnya untuk Paslon SanDi dan Paslon LaDub yang terus bersaing ketat. 

Terjadi beberapa kali perubahan persentase dari Paslon SanDi dan Paslon LaDub, namun perubahan tidak menunjukkan angka yang signifikan, hanya berkutat di angka tidak lebih dari 1 persen. 

Menanggapi hasil rekapitulasi perolehan suara sementara oleh KPU tersebut, Ketua Tim Kampanye Malang Makmur sebagai pengusung Paslon SanDi, yakni Darmadi mengatakan bahwa pihaknya meyakini bahwa Paslon SanDi akan terus unggul hingga akhir rekapitulasi. 

"Kita masih yakin SanDi masih unggul dari Paslon lain. Kita masih yakin itu," tegasnya ketika dikonfirmasi oleh pewarta, Kamis (10/12/2020). 

Selain itu, Darmadi pun juga berharap agar hasil dari rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Malang tidak berbeda jauh dengan hasil rekapitulasi suara oleh tim internal Paslon SanDi. 

Sementara itu, Juru Bicara Paslon LaDub Anas Muttaqin mengatakan bahwa pihaknya tidak akan gegabah atau mengambil keputusan dini terkait hasil rekapitulasi perolehan suara sementara oleh KPU yang hingga saat ini masih di angka 41,09 persen. 

"Kita memilih untuk menunggu hasil real count resmi dan rekapitulasi final oleh KPU saja," ujarnya. 

Pihaknya untuk saat ini juga masih meyakini pada hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan oleh Lembaga SMRC (Saiful Mujani Research Consulting) yang menyebutkan bahwa Paslon LaDub unggul tipis di angka 44,09 persen dengan tingkat partisipasi masyarakat sebesar 60,85 persen. 

"Kita tetap yakin dan berpedoman pada hasil quick count kita sambil menunggu proses real count dan penghitungan resmi KPU. Mari kita kawal dan awasi bersama-sama proses penghitungan KPU," tandasnya. 

Sebagai informasi bahwa terdapat dua lembaga yang melakukan quick count terhadap masing-masing Paslon pada Pilkada Kabupaten Malang 2020 yang menunjukkan hasil quick count yang mendebarkan karena selisih antara Paslon SanDi dan Paslon LaDub tipis sekali. 

Pertama JIP (Jaringan Isu Publik) dengan LSI (Lingkaran Survei Indonesia) Denny JA yang telah melakukan quick count dengan merilis hasilnya, bahwa diketahui dengan tingkat partisipasi pemilih sebesar 57,81 persen, Paslon SanDi unggul di angka 45,99 persen, Paslon LaDub 41,60 persen dan Paslon HC-GH 12,41 persen. 

Kedua Lembaga SMRC (Saiful Mujani Research Consulting) yang telah bekerjasama dengan tim pemenangan Paslon LaDub menunjukkan hasil bahwa tingkat partisipasi pemilih 60,85 persen. Sedangkan untuk hasil para kontestan, Paslon LaDub unggul di angka 44,09 persen, Paslon SanDi di angka 43,75 persen dan Paslon HC-GH di angka 12,16 persen.

Topik
tempat pemungutan suaraSistem RekapitulasiKomisi Pemilihan Umum (KPU)Pilkada Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru