Dukung Industri Halal, Begini Upaya Disnaker-PMPTSP Kota Malang

Dec 12, 2020 10:22
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (Humas Pemkot Malang).
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (Humas Pemkot Malang).

MALANGTIMES - Industri halal menjadi salah satu jenis usaha yang berkembang begitu pesat. Di Kota Malang sendiri, upaya mendukung industri dan usaha halal tersebut sudah direncanakan melalui program Malang Halal. Mulai dari pembentukan pasar halal, hingga pendampingan bagi pelaku usaha industri halal untuk memperoleh sertifikasi halal.

Bukan hanya sebatas itu, dukungan dalam memberi kemudahan pada proses mengurus perizinan juga terus dilakukan. Dinas Ketenagakerjaan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang juga terus berupaya menunjukkan dukungan itu.

Baca Juga : Angka Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Wali Kota Malang Kembali Larang Wisuda Tatap Muka

Upaya yang dilakukan Disnaker-PMPTSP Kota Malang salah satunya seperti penyederhanaan dan percepatan proses izin. Dengan penyederhanaan proses mengurus izin itu, diharapkan akan semakin banyak lagi industri halal yang berkembang. Mengingat, Kota Malang juga sangat konsentrasi untuk meraih lebih banyak wisatawan dengan destinasi halal.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan, Disnaker-PMPTSP Kota Malang tentunya memiliki sederet skema untuk memudahkan proses mengurus izin. Bukan hanya bagi pelaku industri halal saja, melainkan juga banyak jenis usaha lain untuk meningkatkan investasi di Kota Pendidikan ini.

"Dengan perangkat daerah terkait, juga berkolaborasi untuk memberikan sertifikasi halal bagi setiap pelaku usaha," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Bung Edi itu menjelaskan, ada banyak pendampingan dan fasilitasi yang dilakukan Pemerintah Kota Malang dalam mendukung pertumbuhan industri halal. Selain mempermudah proses perizinan, juga kemudahan dalam mengakses permodalan.

Baca Juga : Garap Potensi Produk UKM, Pemkot Malang Teken MOU dan PKS dengan ITS

Sementara untuk sertifikasi halal sendiri, telah ditanggung oleh pemerintah. Sertifikasi halal tersebut berdasarkan pernyataan pelaku UMK sesuai standar halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Perizinan Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru