MUI Jatim Beri Pernyataan Tanggapi Bentrok Polisi vs FPI yang Sebabkan Korban Jiwa

Dec 09, 2020 08:21
MUI Jatim (Foto: Screenshoot)
MUI Jatim (Foto: Screenshoot)

MALANGTIMES - Insiden bentrok antara anggota polisi dan laskar FPI pengawal Rizieq Shihab masih menjadi sorotan. Dalam insiden itu, dikabarkan jika polisi melakukan penembakan terhadap enam laskar FPI hingga meninggal dunia. 

Terkait hal ini pihak Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (MUI Jatim), turut angkat bicara. Mereka memberikan pernyataan sikap terkait  peristiwa yang menimpa ormas hingga menimbulkan meninggal dunia. 

Baca Juga : Insiden Bentrok Polisi vs FPI Masih Panas, Ini Keterangan dari Saksi

 

Pernyataan sikap itu disampaikan melalui surat edaran tertanggal Desember 2020. Surat tersebut juga ditandatangani oleh Ketua Umum MUI Jatim K.H. Abdusshomad Buchori dan Sekretaris Umum MUI Jatim H. Ainul Yaqin, S.Si.. M.Si. Apt.

Dalam pernyataan sikap itu, MUI Jatim mengaku menyesalkan adanya kejadian tersebut yang menimbulkan korban jiwa.  

Dalam poin lain, MUI Jatim mendorong kepada otoritas kebijakan untuk mengungkap kasus ini secara transparan dan menyelesaikannya secara adil sehingga tak menimbulkan kegaduhan dan silang sengketa di masyarakat.  

MUI Jatim juga mengajak muat Islam untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah, ukhuwah insaniyah dan ukhuwah wathaniyah serta mengedepankan sikap husnudzdzan kepada sesama muslim, menghindari saling curiga dan permusuhan satu dengan lainnya.  

Lebih lanjut MUI mengembalikan segara urusan ini untuk mengikuti prinsip wasathiyatul Islam yakni menyikapi segala sesuatu secara adil dan proposional.  

Baca Juga : Angin Kencang Robohkan Papan Reklame di Pertigaan Sulfat

 

Bukan atas dasar suka atau tidak suka dan mendorong upaya penyelesaian masalah mengikuti kaidah dan pedoman dalam kehidupan beragama serta pedoman dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara termasuk peraturan perundang-undangan.

Diketahui, peristiwa bentrok antara anggota kepolisian dan laskar FPI terjadi pada senin (7/12/2020) dini hari. Peristiwa itu terjadi di sepanjang KM 49+00 hingga KM 72. 

 

Topik
MUI Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru