Benarkah Surga dan Neraka Kini Telah Berpenghuni? Begini Penjelasannya

Dec 08, 2020 07:42
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Surga dan Neraka diyakini sebagai alam kekal dalam ajaran Islam. Penghuni surga dan neraka pun dipastikan oleh amalan dan perbuatan masing-masing muslim saat masih berada di dunia. 

Namun yang banyak dipertanyakan, kapan surga dan neraka itu dihuni? Benarkan saat ini surga dan neraka sudah berpenghuni?

Baca Juga : Kisah Raja Muslim yang Nikahkan Anaknya dengan Cucu Penjual Susu

Dilansir dari channel YouTube Islam Populer, disebutkan jika keberadaan surga dan neraka tidak akan pernah berakhir. Allah SWT juga telah menciptakan surga dan neraka sebelum menciptakan makhluk yang lain. Bahkan, ada pendapat jika ke dua tempat tersebut telah berpenghuni.

Ibnu Abdil Al-Hanafi berkata, “Allah SWT telah menciptakan surga dan neraka, ahlus sunnah sependapat bahwa surga dan neraka memang telah diciptakan dan sudah ada sekarang.”

Keberadaan keduanya telah diabadikan dalam Al-Qur'an sebagaimana Firman Allah SWT, "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang yang bertakwa," (QS Al-Imran: 133).

Lantas, siapa penghuni surga dan neraka saat ini? Penjelasan mengenai hal itupun masih menuai dua pendapat yang berbeda. 

Sebagian ulama berpendapat jika surga dan neraka belum berpenghuni. Namun sebagian lagi berpendapat jika surga dan neraka telah memiliki penghuni.

Ketika Isra' Mi'raj, dikisahkan jika Rasulullah SAW melihat langsung kondisi neraka, siksaan di dalamnya, dan siapa saja yang mendapatkan siksaan. Selain itu, Rasulullah SAW juga mengunjungi surga. Namun berkaitan dengan itu, ulama memiliki pendapat yang berbeda.

Untuk yang berpendapat jika surga dan neraka telah berpenghuni, para ulama tersebut berlandaskan pada dalil Rasulullah SAW yang berbunyi, "Aku mendatangi surga, maka kulihat kebanyakan penduduknya adalah para fakir, dan aku mendatangi neraka, maka aku lihat kebanyakan penduduknya adalah para wanita," HR Bukhari.

Baca Juga : Demam adalah Embusan Api Neraka Jahanam, Begini Anjuran Pengobatan Ala Rasulullah SAW

Rasulullah SAW melihat dirinya berada di surga dan alasan penghuni surga berada di dalamnya. Rasulullah SAW bersabda, "Surga berada begitu dekat denganku. Sehingga jika aku mau, aku dapat memetik beberapa buahnya. Neraka juga dekat sekali kepadaku. Sehingga aku berkata 'Ya Allah, bahkan aku masih bersama mereka. Aku melihat seorang dari mereka sedang dicakar oleh seekor kucing, dan akh bertanya mengapa ini?" Mereka mengatakan kepadaku ia mengelap kucing tersebut sampai mati kelaparan. Ia tidak memberinya makanan atau melepaskannya supaya kucing tersebut dapat memakan tikus-tikus yang berkeliaran di muka bumi," HR. Muslim.

Rasulullah SAW juga pernah melihat penghuni surga menyeret ususnya. Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, disebutkan jika Rasulullah SAW pernah melihat Amr bin Luhai, orang yang pertama kali memasukkan penyembahan berhala ke Jazirah Arab sedang menyeret ususnya di neraka.

Sementara pendapat yang menyebutkan jika surga dan neraka belum berpenghuni juga berdasarkan pada beberapa dalil. Salah satunya dalil Rasulullah SAW yang berbunyi, "Saya adalah nabi yang paling banyak pengikutnya pada bari kiamat. Dan saya adalah manusia yang pertama kali mengetuk pintu surga," HR. Muslim.

Syekh Shalih Al-Munajid berpendapat jika surga dan neraka pada beberapa kondisi telah dimasuki ruh dan bukan jasad. Sementara mengenai dalil yang menyebutkan Rasulullah SAW diperlihatkan penghuni surga dan neraka, maka Rasulullah SAW telah diperhatikan masa depan.

Hal itu sejalan dengan pendapat Ibnu Qayyim yang menyebut jika ada dua pendapat mengenai kondisi surga dan neraka. Pendapat pertama menyebut jika penghuni surga adalah ruh. Pendapat ke dua disebutkan jika penghuni surga dan neraka adalah ruh dan jasad saat kiamat terjadi.

Topik
Kisah Rasulullah SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru