Kepala Dinasnya Terpapar Covid-19, Layanan Perpustakaan Umum Ditutup sementara

Dec 04, 2020 14:11
Pengumuman layanan perpustakaan umum kota malang ditutup sementara. (Foto: Instagram @perpus_malang).
Pengumuman layanan perpustakaan umum kota malang ditutup sementara. (Foto: Instagram @perpus_malang).

MALANGTIMES - Satu per satu jajaran Pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dinyatakan positif Covid-19. Setelah Wali Kota Malang Sutiaji beserta istri dan anak pertamanya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto, kini beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Malang juga dikonfirmasi terpapar Covid-19.

Setidaknya, satu dari 6 ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan pimpinan dari perangkat daerah (PD) yakni Kepala Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, Suwarjana.

Baca Juga : Bertambah Delapan Pasien Baru Covid-19, Satu Pasien Lama di Kabupaten Malang Meninggal

 

Saat dikonfirmasi awak media, Suwarjana membenarkan jika dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 bersama sang istri setelah menjalani Swab Test yang pada Senin (30/11/2020) lalu, yang hasilnya keluar pada Rabu (2/12/2020) lalu. Namun, ia mengakui kondisi tubuhnya tak mengalami gejala apapun.

"Saya tak merasakan apa-apa, juga tak ada gejala apa-apa. Saat diminta ikut Swab ya kami ikut. Lalu hasilnya saya positif, bersama dengan nyonya (istrinya)," ungkapnya.

Selain dirinya, seorang yang berinteraksi erat dengannya yakni sopirnya juga turut terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, ia bersama istrinya menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Nantinya, dalam lima hari ke depan Suwarjana rencananya dijadwalkan mengikuti kembali Swab Test kembali. Tujuannya, untuk memastikan kondisi tubuh secara berkala selama menjalani perawatan Covid-19.

Selama masa isolasi mandiri, ia dan istrinya terus mematuhi anjuran kesehatan untuk segera memulihkan imunitasnya. Seperri, makan makanan bergizi seimbang, minum vitamin dan olahraga. "Terpenting tenang saja. Banyak makan, minum vitamin, sambil olahraga di rumah. Dengan ini imun akan terjaga. Semoga sehat semuanya ya. Doakan cepat sembuh," jelasnya.

Karena kondisi tersebut, untuk sementara waktu layanan Perpustakaan Umum Kota Malang ditutup. Hal itu terlihat dari pengumuman yang tertera di laman sosial media Instagram Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang.

Penutupan layanan ditutup mulai Kamis (3/12/2020) hingga Rabu (16/12/2020) mendatang. Dalam pengumuman itu juga disampaikan, alasan ditutupnya layanan untuk sementara waktu sebagai bentuk kewaspadaan terhadap risiko penyebaran Covid-19.

Baca Juga : 75 Civitas Academica UB Positif Covid-19

 

Sehingga bagi pemustaka dalam masa peminjaman buku dapat mengembalikan buku mulai Kamis (17/12) mendatang.

Meski begitu, ada akses layanan dari Perpustakaan Umum Kota Malang yang masih dibuka. Yaitu, melalui aplikasi cilin yang dapat diunduh di Playstore.

Sementara itu diberitakan sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto mengungkapan dari keenam ASN yang terkonformasi positif Covid-19 beberapa di antaranya merupakan pegawai yang bekerja di bagian Sekretariat Pemkot Malang.

Terkait dengan informasi pimpinan perangkat daerah (PD) yang telah terkonfirmasi positif Covid-19, pihaknya belum mendapatkan konfirmasi pasti dari yang bersangkutan. "6 ASN ini di lingkungan sekretariat. Karena sampai saat ini (kabar kepala dinas positif) kita belum konfirmasi dengan kepala dinas yang terkonfirmasi positif itu," terangnya.

Topik
Berita MalangCovid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru