Dinsos-P3AP2KB saat memberikan bantuan kepada disabilitas (Hendra Saputra)
Dinsos-P3AP2KB saat memberikan bantuan kepada disabilitas (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang terbantu dengan adanya Pos Rehabilitasi Sosial (Posresos) karena bisa memfasilitasi keluarga penyandang disabilitas.

Kepala Bidang Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial (Rehlinjamsos) Dinsos-P3AP2KB Kota Malang, Titik Kristiani mengatakan bahwa Posresos dibentuk Kementerian Sosial (Kemensos) pada tahun 2015. Fungsinya adalah memfasilitasi dinas sosial dengan keluarga penyandang disabilitas.

Baca Juga : Disabilitas Dapat Bantuan Alat Pintal Benang dan Alat Bantu Dengar dari Dinsos-P3AP2KB

"Karena tanpa bantuan stakeholder yang ada di masyarakat, Dinas Sosial tidak mampu untuk memberikan pelayanan untuk semuanya," ujar Titik kepada MalangTIMES.

Dari Data Terpadu Kesejahteraan SosialĀ (DTKS), disabilitas di Kota Malang saat ini kurang lebih berjumlah 2.012 yang belum semua menerima kunjungan. Namun Titik menegaskan bahwa kunjungan dilakukan berdasarkan, sehingga bisa merata dan tepat sasaran atau sesuai data.

"Data ini tidak hanya by name by address, tapi sampai dengan tingkat kedisabilitasan, ada fotonya, tingkat disabilitasnya. Tetapi belum semuanya dikunjungi, jadi gantian. Yang sudah dikunjungi sekitar 400 sekian," ungkap Titik.

Disabilitas di Kota Malang sendiri saat ini telah diberikan pelatihan yakni berupa budidaya dan pengolahan benang sutera. Di situ, disabilitas dilatih mulai dari beternak ulat yang menghasilkan sutera dan kemudian dipintal menjadi benang.

Baca Juga : Tingkatkan Layanan Jemput Bola, Disnaker-PMPTSP Kota Malang Tambah Satu Mobil Keliling

"Pelatihan berbeda setiap tahun. Tahun ini kami melakukan pelatihan yang berbeda dengan yang lain, tapi disabilitas bisa melakukan itu," pungkasnya.