Peta sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Malang periode 2 Desember 2020 (Foto : Istimewa)
Peta sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Malang periode 2 Desember 2020 (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Meski penyebaran kasus positif Covid-19 di Kabupaten Malang berhasil turun ke peringkat 13 se-Jatim (Jawa Timur). Namun, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Malang, masih terus mengalami peningkatan.

Merujuk pada data terbaru yang dihimpun Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang, pada Rabu (2/12/2020) telah terjadi penambahan 5 pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga : Wali Kota Malang Umumkan Kondisinya Positif Covid-19

Rinciannya, satu pasien berasal dari Kecamatan Ngantang, dan 4 pasien lainnya tersebar di Kecamatan Pujon dan Turen. Masing-masing kecamatan mengalami penambahan 2 orang pasien pada Rabu (2/12/2020).

”Sampai dengan saat ini, ada 1.201 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Malang,” ungkap Aniswaty Aziz selaku Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, saat dikonfirmasi Rabu (2/12/2020) malam.

Jika dibandingkan dengan perkembangan jumlah pasien yang sembuh, data terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Malang terpantau lebih sedikit. Yakni mengalami selisih 1 orang pasien lebih sedikit dari update jumlah pasien yang dinyatakan sembuh.

”Hari ini ada penambahan 6 pasien. Dengan begitu total sudah ada 1.066 pasien di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19,” ungkapnya.

Dengan lebih banyaknya jumlah pasien yang sembuh, membuat jumlah pasien yang masih menjalani perawatan di Kabupaten Malang tidak mengalami penambahan. Yakni tetap bertahan diangka 62 orang pasien.

”Dari jumlah tersebut, 21 pasien Covid-19 diantaranya dirawat di rumah sakit. Sedangkan 41 pasien lainnya masih menjalani isolasi di rumah,” ucapnya.

Sama halnya dengan jumlah pasien yang masih menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19, jumlah pasien yang meninggal akibat terpapar virus yang diduga berasal dari Wuhan, China ini juga tidak mengalami peningkatan.

Baca Juga : Susul Riza Patria, Anies Baswedan Juga Positif Covid-19

”Sampai dengan hari ini, di Kabupaten Malang ada 73 orang pasien Covid-19 yang meninggal dunia,” ujarnya.

Sekedar diketahui, sejak akhir bulan November 2020 lalu, tepatnya sejak Minggu (29/11/2020) penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Malang turun satu digit ke posisi 13, dari yang sebelumnya menempati peringkat ke 12 se-Jatim.

Meski berhasil turun peringkat, namun sampai dengan hari ini Kabupaten Malang masih masuk zona oranye. Yakni risiko kenaikan kasus Covid-19 dengan skala sedang.