Luhut Binsar Panjaitan (Foto:   BiografiKu.com)
Luhut Binsar Panjaitan (Foto: BiografiKu.com)

MALANGTIMES - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan lagi-lagi menjadi perbincangan khalayak.  Kali ini lantaran Luhut ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pengganti sementara Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.  

Edhy Prabowo kini resmi dinyatakan KPK sebagai tersangka kasus penerimaan suap terkait ekspor benih lobster sejak Kamis (26/11/2020).  Sebelumnya Edhy, ditangkap pada Rabu (25/11/2020) di Bandara Soekarno-Hatta setelah tiba dari Amerika Serikat (AS).  

Baca Juga : Presiden Jokowi Minta Libur Panjang Akhir Tahun Dikurangi, Ini Alasannya

 

Diketahui, dalam hubungan koordinasi, memang Kementerian KKP berada dalam koordinasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi.  

Penunjukan Luhut sebagai pejabat ad interim menteri KKP ini tertuang dalam surat edaran dari Menteri Sekretariat Negara Pratikno.  Surat edaran tersebut bernomor No: B-835/SJ/XI/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Perkantoran di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

"Dalam rangka efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi KKP, maka menteri sekretaris negara telah mengeluarkan surat penunjukan menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi sebagai menteri kelautan dan perikanan ad interim," demikian petikan surat edaran tersebut.

Penunjukan Luhut sebagai menteri KKP sementara ini pun langsung menjadi perbincangan warganet di media sosial.  Bahkan, Kamis (26/11/2020) pagi nama Luhut menjadi trending topic di Twitter.

Dalam cuitannya, banyak warganet yang menilai Luhut adalah menteri dalam segala hal.  Mereka menilai apa pun masalah pemerintahan, nama Luhut selalu ada.  

@Egyotra_: "Petisi untuk menambahkan kata "Luhut" ke dalam KBBI dengan definisi: mampu mengerjakan banyak hal dalam satu waktu".

@backtoarsys: "Apapun masalahnya luhut solusinya".

Bahkan ada akun yang menyebut Menteri Kemaritiman ini sebagai "Lord" dengan memasang foto Luhut di atas foto Jokowi dan Ma'ruf Amin.  

@dhonykurniawann: "Lord luhut, ampun bang jagoo".

@Elin_Fisher: “ Lord luhut diatas segalanya”.

 

 

Selain itu ada pula yang menyebut Luhut sebagai menkosurus (menteri koordinasi segala urusan) bahkan mengganti foto para menteri dengan wajah Luhut semua.  

"@kreuzraggs: "pak Luhut cocok jadi MENKOSAURUS (Menteri Koordinator Segala Urusan)"