Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Kiamat menjadi salah satu peristiwa besar dalam ajaran Islam. Saat itu, seluruh makhluk hidup, tanpa kecuali manusia, akan kembali dibangkitkan dan mempertanggungjawabkan semua perbuatannya selama di dunia. 

Mereka yang beriman akan mendapatkan surga. Namun mereka yang ingkar akan mendapatkan balasan berupa neraka.

Baca Juga : Sabun Batang Terbuat dari Emas dan Berlian Harga Rp 40 Juta, Bentuknya Seperti Keju

Rasulullah SAW pun mengajarkan kepada umat muslim untuk senantiasa melakukan amalan-amalan. Ibadah dan amalan yang dilakukan akan membawa muslim menuju surga dan terhindar dari api neraka.

Ustaz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah channel YouTube Islam Terkini menyampaikan, salah satu amalan yang diajarkan adalah istighfar. Dikatakan bahwa istighfar selama satu menit akan menyelamatkan seorang muslim di hari kiamat.

Setiap satu menit, seorang muslim dapat beristighfar hingga 100 kali kepada Allah SWT. Padahal, satu kali istighfar bisa menghapus dosa muslim selama 70 tahun, bahkan 100 tahun.

Lantas bagaimana dengan 100 istighfar? Maka itu akan memberatkan timbangan amal saat hari kiamat.

Rasulullah SAW berkata, “Dua kalimat yang ringan di lidah dan berat di timbangan pada hari kiamat dan dicintai Allah SWT adalah kalimat Subhanallahu wa bihamdihi Subhanallahi adzim.”

Kalimat tersebut minimal bisa dibaca 40 kali selama satu menit saja. Dalam satu menit, seorang muslim bisa panen harta karun surga. Rasulullah SAW bersabda, “Mengucapkan La Haula wa laa quwwata Illa Billah sekali saja, itu merupakan harta karun surga.”

Kalimat itu bisa diucapkan 30 hingga 40 kali dalam satu menit saja. Maka manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bisa meraih rida dan surga Allah SWT. Seperti sabda Rasulullah SAW, “Saya mengucapkan Subhanallah Walhamdulillah wa Laa Ilaha illalllah Allahu Akbar. Lebih baik untuk saya daripada dunia dan seluruh isinya.”

Baca Juga : Terbuat dari Pohon Thuba, Ini Kemewahan dan Warna Pakaian di Surga

Membaca salawat kepada Rasulullah SAW juga demikian. Sama halnya dengan istighfar, maka mengucapkan salawat akan mendapatkan 10 sapaan dari Allah SWT. Sapaan itu berupa hidup yang diberkahi, rezeki yang dimudahkan, dan segala urusannya akan dimudahkan.

Rasulullah SAW berkata, “Siapa yang salam kepada saya satu kali, Allah SWT akan membalas 10 kali rahmat dari Allah SWT.”

Bukan hanya itu. Amalan satu menit lain yang dapat memperpanjang umur muslim serta melapangkan rezeki adalah dengan melakukan silaturahmi kepada keluarga, kerabat, dan teman. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya, dimudahkan rezekinya, maka dia melanjutkan hubungan silaturahmi.”

"Itu hanya contoh. Ada banyak lagi amalan yang bisa dilakukan selama satu menit dan manfaatnya sangat luar biasa," kata ustaz Khalid.