Pelaku pencurian besi tanjakan di depan sebuah ruko (Ist)
Pelaku pencurian besi tanjakan di depan sebuah ruko (Ist)

MALANGTIMES - Pelaku pencuri saat ini semakin nyleneh. Tak hanya sepeda motor ataupun barang-barang elektronik yang disasar. Lampu teras hingga besi tanjakan motor kini tak luput jadi sasaran maling. Seperti yang terjadi di Jalan Terusan Candi Mendut, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, beberapa waktu lalu.

Seorang laki-laki bertopi dengan membawa karung atau diduga sebagai pemulung, terlihat mencuri besi tanjakan motor di depan ruko yang dijadikan warung ayam di Jalan Terusan Candi Mendut nomor 17 B. Kejadian tersebut terjadi pada pukul 04.27 WIB.

Baca Juga : Pria Bersarung Kendarai Motor PCX Terekam CCTV Curi Dua Tanaman Hias

Dijelaskan Dian Aureli salah satu karyawan sebuah lokasi usaha di sekitar lokasi kejadian, jika kejadian pencurian besi tanjakan motor tersebut pertama kali diketahui karyawan ruko yang menjadi lokasi pencurian.

Ketika pagi hari, salah satu karyawan yang ada di dalam ruko akan keluar. Di situ ia kebingungan mencari besi tanjakan motor untuk mengeluarkan motor yang ada di dalam ruko. Besi tersebut biasanya persis berada di depan ruko.

Setelah mencari ke sana kemari tak ketemu, ia kemudian mencoba menanyakan keberadaan besi tanjakan tersebut ke tetangga sebelah ruko yang dipakai sebagai sekolah pramugari.

"Setelah itu dia ini tanya ke sebelahnya. Di sana kan office boy pagi sudah datang jam 07.00 WIB. Kemudian ditanya keberadaan besi tanjakan motor itu, tapi dia juga nggak tau," jelasnya, Sabtu (21/11/2020).

Karena masih merasa penasaran dengan keberadaan besi tanjakan motornya yang raib, ia kemudian meminta office boy itu untuk memutar rekaman CCTV. Di situ benar saja didapati gambar ketika seorang laki-laki mengambil besi tanjakan motor dan kemudian memasukkannya ke dalam karung.

"Ada dua sebenarnya, satunya punya ruko sebelah. Tapi yang diambil yang punya ruko warung, yang sebelah nggak jadi diambil karena dipaku," bebernya.

Setelah itu, pelaku langsung kabur ke arah utara bersama besi tanjakan yang telah dimasukkan ke karung. Saat itu pelaku bisa beraksi dengan lancar serta bisa kabur dengan mudah lantaran situasi sekitar memang masih begitu sepi. Wajah pelaku sendiri, tak begitu jelas terekam CCTV.

"Daerah situ memang rawan, pernah motor juga. Bahkan lampu teras pun juga pernah raib," pungkasnya.