Pelaku pencurian bunga hias saat memasukkan bunga curian ke dalam jok motor (Ist)
Pelaku pencurian bunga hias saat memasukkan bunga curian ke dalam jok motor (Ist)

MALANGTIMES - Boomingnya tanaman hias hingga saat ini, harus diwaspadai para pecinta tanaman hias. Sebab, para pelaku kejahatan saat ini juga tertarik melirik tanaman untuk dijadikan sasaran pencurian.

Seperti halnya yang terjadi di Jalan S Supriyadi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Dua bunga aglonema berjenis Big Roy dan Larasati milik dari sebuah kantor jasa pengiriman barang dan juga milik dari sebuah konter pulsa yang ada di pinggiran Jalan S Supriyadi hilang dicuri.

Baca Juga : Tak Hanya Motor, Meja di Depan Rumah pun Disikat Maling

Sam Abbe (40) warga sekitar lokasi kejadian menjelaskan, jika kejadian tersebut terjadi pada tanggal 17 November 2020, sekitar pukul 01.00 WIB. Dalam aksinya, pelaku mengendarai sebuah sepeda motor berjenis Honda PCX warna hitam.

Saat itu pelaku datang dari arah utara dan kemudian langsung berhenti tepat di depan lokasi kantor jasa pengiriman barang. Pelaku langsung turun dari motor dan kemudian langsung mengambil bunga yang tertanam di pot. Pelaku bisa beraksi dengan tenang lantaran situasi jalan saat itu telah sepi.

"Bunganya dicabut, tidak dicuri bersama potnya. Satu milik kantor pengiriman barang dan satu milik konter pulsa," jelasnya.

Saat beraksi, pelaku tak sadar, jika aksinya terekam kamera CCTV yang terpasang di depan kantor jasa pengiriman barang.

Ketika pelaku beraksi, ia mengenakan kaos dan mengenakan sebuah sarung serta helm warna hitam saat beraksi.

Namun sayangnya wajah pelaku tak nampak jelas dalam CCTV. Setelah mencuri pelaku memasukan bunga tersebut ke dalam jok motor miliknya dan kemudian segera kabur.

"Kebetulan kalo malam ada petugas parkir tetangga saya, katanya pemilik tidak akan melaporkan kejadian tersebut," terangnya.

Sementara itu, akibat pencurian dua bunga tersebut, kerugian yang diderita korban sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribuan per pot.

Baca Juga : Maling Bobol 8 Kotak Amal dan Bawa Kabur Power Sound Masjid di Kedungkandang

Sebelumnya, aksi pencurian bunga hias juga pernah terjadi di Jalan Raya Madyopuro, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang pada Sabtu dini hari (10/10/2020).

Seorang pria berhelm mencuri bunga Sri Rejeki yang berada di depan sebuah toko kedai minuman. Aksi pencurian tersebut sempat terekam kamera CCTV yang terpasang di sekitaran lokasi.