Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM saat menjadi keynote speaker dalam ajang ABA Awards 2020. (Foto: Humas)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM saat menjadi keynote speaker dalam ajang ABA Awards 2020. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Dra Zubaidah MM didapuk menjadi Keynote Speaker pada ajang Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Awards 2020, Sabtu (21/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut ia membeberkan kebijakan pengelolaan pendidikan di masa pandemi.

Baca Juga : Menteri Nadiem Perbolehkan Pemda Buka Sekolah Tatap Muka Per Januari 2021

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang menganut prinsip utama, yakni mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua warga pendidikan dalam hal ini tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik," ucapnya.

Di hadapan ratusan Kepala Sekolah Muhammadiyah serta Kepala Sekolah Aisyiyah se-Kota Malang, ia juga menyampaikan bahwa peran keluarga perlu diperkuat untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi.

"Pentingnya memperkuat peran keluarga dalam mendukung pembelajaran di masa pandemi sehingga terwujud sinergitas gotong royong yang harmonis antara guru dan orang tua dalam menghadirkan pembelajaran bermakna melalui metode belajar di rumah," sambungnya.

Lebih lanjut perempuan berhijab yang memimpin Dinas Pendidikan mulai tahun 2014 silam itu menambahkan pembelajaran di masa pandemi saat ini lebih mengutamakan pendidikan karakter.

Satu persatu, Zubaidah juga menjelaskan 10 kebijakan Disdikbud Kota Malang terkait pembelajaran di masa pandemi; 16 langkah kebijakan dalam rangka persiapan pelaksanaan pembelajaran secara langsung; penyampaian angket persetujuan pelaksanaan pembelajaran langsung kepada guru, orang tua, maupun siswa untuk diisi setuju atau tidak setuju dilaksanakan pembelajaran secara langsung/tatap muka.

Ia juga memberi penjelasan mengenai berbagai kebijakan pemerintah pusat maupun Pemerintah Kota Malang.

Sebagai informasi, gelaran ABA Awards 2020 diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Muhammadiyah - Aisyiyah Kota Malang. Selain Zubaidah, turut hadir Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang Dr Abdul Haris MA, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (Dikdasmen PDM) Kota Malang Dr Budiono MSi, dan Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang Dra Sri Herawati.

"Reward atau penghargaan perlu diberikan untuk lebih memotivasi seluruh warga atau keluarga besar sebuah lembaga agar berlomba-lomba, berkompetisi agar lebih tereksplorasi, potensi, kompetensi yang kemudian diapresiasi dalam berbagai bentuk karena berprestasi, seperti kegiatan pada hari ini," kata Zubaidah mengapresiasi gelaran ini.

Senada dengan Zubaidah, Ketua K3S Muhammadiyah - Aisyiyah Kota Malang Sony Darmawan MPd menjelaskan, kegiatan pada hari ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas, unggul, serta memotivasi lembaga untuk mengembangkan kualitas maupun mutu sekolah.

Baca Juga : Ratusan Guru SD se-Kecamatan Kedungkandang Semarakkan Webinar PGRI

"Melalui Kegiatan ABA Awards 2020 ini, diharapkan dapat menjadi sarana motivasi untuk terus berinovasi dan berkreasi sehingga setiap TK ABA Kota Malang dapat memacu diri agar senantiasa berupaya mengembangkan lembaga dan berprestasi," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, dapat menjadi wadah nyata pengaktualisasian perintah Allah SWT untuk saling berlomba dalam kebaikan. "Sebagaimana tertuang dalam QS. Al-Baqorah [2]:148 yang artinya: "… maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan, di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat)," tutur pria yang juga merupakan Kepala SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang tersebut.

Sementara itu, ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Malang Budiono mengaku berbangga hati dan bersyukur atas inisiatif mensinergikan pendidikan Muhammadiyah dengan pendidikan Aisyiyah.

Ia berharap kegiatan ini berkelanjutan dan membawa manfaat tidak hanya bagi Muhammadiyah maupun Aisyiyah semata, namun bagi masyarakat luas.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan salah satu implementasi satu dari tiga tugas utama kepala sekolah selain managerial dan supervisi, yakni Kewirausahaan.

"ABA Awards 2020 merupakan sebuah daya upaya sekaligus inovasi kepala sekolah dalam memotivasi peningkatan kualitas, potensi, maupun kompetensi warga pendidikan Muhamadiyah dan Aisyiyah sehingga tidak terjebak pada rutinitas managerial maupun supervisi semata," tandasnya.