Logo Arema FC (istimewa)
Logo Arema FC (istimewa)

MALANGTIMES - Di tengah desakan Aremania yang meminta adanya satu nama Arema, tim Arema FC membuktikan diri sebagai salah satu dari enam tim yang lolos AFC Club Licensing Cycle tahun 2020.

Lisensi klub profesional dari AFC tersebut memiliki arti tersendiri. Sebab, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, proses licensing club dihadapi saat situasi sulit.

Baca Juga : Aremania Minta 'Satu' Arema, Wali Kota Malang dan Ketua DPRD Kota Malang Ambil Sikap

Lisensi AFC (Konfederasi  Sepak Bola Asia) itu diberikan ketika Arema sedikit bergejolak karena Aremania memutuskan untuk turun ke jalan. Aremania resah dengan dualisme yang terjadi di Arema. 

Selama ini  ada  dua tim Arema yang berkompetisi  di kasta berbeda. Jika Arema FC berlaga di pentas kompetisi kasta tertinggi di tanah air,  ada Arema Indonesia yang berlaga di level Liga 3 atau kompetisi paling rendah di Indonesia. 

Tetapi, bukan permasalahan kasta kompetisi itu yang diramaikan saat ini. Namun, Arema  meminta pengurus Yayasan Arema untuk membuat kedua tim di Malang tersebut menjadi satu dan kembali menyatukan Aremania.

Di luar dualisme itu, Arema FC  justru lebih eksis dengan dinobatkan sebagai salah satu tim yang memiliki lisensi AFC di Indonesia. Penilaian tersebut berdasarkan data yang dimiliki oleh AFC sebagai Konfederasi Sepak Bola Asia.

“Bagi kami, saat ini kan kondisi tersulit yang dihadapi semua klub, tapi proses licensing club sudah menjadi rutinitas tahunan. Kami harus melaporkan kondisi klub ke AFC. Arema FC  tetap bersemangat menjaga rutinitas itu sekaligus fokus kami adalah kerja dan kerja untuk menjaga eksistensi Arema," ungkap Media Officer Arema FC Sudarmaji.

Sudarmaji menyebut bahwa ada lima kriteria yang menjadi penilaian AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastruktur, personel serta administrasi, legal, dan finance. Dan  tahun ini, seluruh klub peserta Liga 1 2020 mengajukan persyaratan itu.

Baca Juga : Jalanan Depan Balai Kota Malang Dijadikan Tempat Sepak Bola Jalanan AFC Vs AI

"Semoga  dengan lolosnya Arema FC di club licensing ini memberikan tambahan pemahaman lebih kepada semua pihak, baik Aremania, partner Arema di pemerintahan, serta mitra kerja, bahwa Arema FC on the track dalam pengelolaan. Dalam situasi sulit, kami tetap komitmen dan konsisten menjaganya, sekali lagi menjaganya. Arema FC istikamah dan tawadhu untuk menjaganya ditengah dinamika yang dihadapi,” ungkap Sudarmaji.

“Sekali lagi kondisi ini berat. Jika diperkenankan, kami sampaikan mari kita bersatu fokus menjaga Arema tetap ada. Pengelola Arema FC terus kerja keras untuk itu. Hampir lima tahun berturut turut kita mmpertahankan club Licensing ini. Kami juga sangat terbuka kepada siapa pun untuk bertanya atau membantu dan memahami apa itu club licensing agar kita dapat bersama sama bisa memahami kelayakan klub profesional di mata federasi dan AFC secara objektif," imbuhnya.

Selain Arema FC, PSSI melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11/2020) di Hotel Harris FX, Jakarta, memutuskan enam klub dinyatakan memenuhi syarat. Selain  Arema FC, lima klub lainnya adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC dan  Persib Bandung.