Dengungkan KB, Dinsos-P3AP2KB Ingin Masyarakat Bisa Rencanakan Siklus Reproduksi

Nov 15, 2020 19:19
Keluarga berencana (istimewa)
Keluarga berencana (istimewa)

MALANGTIMES - Program keluarga berencana (KB) di Kota Malang terus didengungkan. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang ingin warga bisa merencanakan siklus reproduksi di tengah pandemi covid-19 ini. 

Hal itu karena masyarakat juga diminta ikut menjaga pengendalian penduduk agar tidak meningkat secara drastis.  Caranya dengan menjaga angka kehamilan di Kota Malang agar tidak melonjak terlalu tinggi. Terlebih dalam situasi di tengah wabah seperti ini,  kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat agar tidak mudah masuk ke rumah sakit.

Baca Juga : Dispendukcapil Sebar Undangan Perekaman, Target Akhir Desember Pemula Miliki KTP

Dalam promosi KB sendiri, yang paling sulit ternyata adalah warga tidak terbiasa melakukan perencanaan. Di lapangan terkadang perencanaan justru berada di luar kendali perempuan. Terutama perencanaan mengenai kehamilan dan anak yang dikandungnya. 

"Hal ini erat kaitannya dengan kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan dalam rumah tangga. Hal lain lagi adalah perempuan itu memiliki hak yang terkait dengan reproduksinya, yakni  hak untuk mendapatkan informasi yang penuh dan pelayanan yang baik," ujar Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani.

Menurut Peny, saat ini KB bukan hanya soal pertumbuhan penduduk dan kontrasepsi, melainkan menciptakan keluarga yang sejahtera harmonis dengan anak-anak yang berkualitas. Dalam hal ini KB selalu identik dengan dua anak, yakni dengan harapan membuat keluarga yang bisa sejahtera.

Namun biasanya juga ada masyarakat yang ingin memiliki anak lebih dari dua. Maka dari itu perlu adanya kesinambungan antara masyarakat dan pemerintah agar program KB yang didengungkan bisa terserap maksimal oleh masyarakat. 

Baca Juga : 250 Penyandang Disabilitas Dapatkan Pelayanan Terapi dari Dinsos-P3AP2KB

"Dua anak cukup itu sebenarnya bisa membuat keluarga bahagia. Tapi pada kenyataannya juga banyak orang yang memiliki anak 3, 4,  bahkan 5," kata dia.

 

Topik
Dinsos P3AP2KBDinsos P3AP2KB Kota MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru