Suasana belajar mengajar di SDN Gunungsari 4 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana belajar mengajar di SDN Gunungsari 4 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tahun 2021 mendatang, SMPN 7 Kota Batu rencananya akan dibangun sesuai dengan kajian visibility Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Batu. Pembangunan itu mengerucut dipastikan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo.

Sebelum mengerucut di Desa Pendem, awal tahun 2020 musyawarah antara pemerintah kecamatan, kades, BPD se-Kecamatan Junrejo, Dinas Pendidikan, BKD dan perwakilan guru negeri/swasta di Pendopo Kecamatan Junrejo mengerucut pada dua desa, yakni Desa Tlekung dan Desa Pendem.

Baca Juga : Motor Literasi, Permudah Pelayanan Perpustakaan Desa Sampai ke Pelosok

 

“Ada dua desa sebelumnya, dan sudah disepakati akan dibangun di Desa Pendem. Saat ini masih nunggu proses status tanah,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. 

Ia menambahkan, pembangunan sekolah itu akan dilakukan di Tanah Kas Desa (TKD) karena sudah layak untuk dibangun. Sehingga langkah selanjutnya yang harus dilakukan dengan menggelar musyawarah desa (musdes).

Sebab tanah akan ditukar guling dari TKD dengan milik Pemkot atau harus dibeli oleh pemkot dan digantikan dengan lahan di lain tempat. “Sehingga perlu dilakukan musdes dengan segera, supaya bisa dilakukan pembangunan,” imbuhnya.

Luas tanah untuk pembangunan itu idealnya kurang lebih 6-7 ribu meter persegi. Yang dilengkapi dengan gedung belajar mengajar, ruang guru, kepala sekolah, laboratorium, perpustakaan, dan ruang publik bermain siswa.

Menurutnya dengan dibangunnya SMPN 7 itu akan memudahkan pelajar yang asalnya dari Desa Junrejo dan Tlekung ingin masuk di SMPN. Mengingat pada tahun 2019 silam, terdapat pelajar Desa Tlekung dan Desa Pendem yang tidak masuk zonasi.

Baca Juga : Kenalan dengan Maggot Black Soldier Fly, Si Kecil Pendaur Ulang Alami Sampah Organik

 

Terpisah, Kepala Desa Pendem Tri Wahyu Efendi menambahkan, sudah menyiapkan lahan seluas 4.300 meter persegi untuk pembangunan SMPN 7 Kota Batu. Lokasinya berdekatan dengan Arhanud yang dilengkapi kolam renang, lapangan voli, serta akses jalan yang memadai.

“Terakhir hasil koordinasi di Desa Pendem, tetapi saat ini belum menerima surat dari Dinas Pendidikan Kota Batu. Kalau sudah baru desa menggelar Musdes membahas tentang pembangunan SMPN 7 Batu,” terangnya.