Viral gen Z tak tahu peribahasa(Foto: TikTok @iben_ma)
Viral gen Z tak tahu peribahasa(Foto: TikTok @iben_ma)

MALANGTIMES - Peribahasa menjadi salah satu pelajaran yang sering disampaikan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Peribahasa sendiri merupakan ungkapan atau kalimat ringkas, padat yang berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, aturan tingkah laku atau prinsip hidup.  

Namun, semakin perkembanganya zaman peribahasa-peribahasa itu saat ini memang sudah mulai jarang terdengar. Bahkan, generazi Z saat ini ada yang tak mengetahui tentang peribahasa. Hal itu terbukti dari video di TikTok yang diunggah oleh akun @iben_ma.  

Baca Juga : Punya Ukuran Mulut Tak Biasa, Perempuan Ini Viral dan Raup Rp 204 Juta Lewat TikTok

 

Dalam video tersebut, pemilik akun bernama Benjamin Jusuf E. M. A bertanya kepada beberapa gen Z mengenai peribahasa. Ben terdengar melempar potongan peribahasa dan meminta anak-anak gen Z tersebut untuk melanjutkan.  

Secara mengejutkan, anak-anak itu tidak bisa melanjutkan potongan peribahasa yang disampaikan Ben.  Ia seakan asing saat mendengar apa yang dikatakan oleh Ben.  

Iben bertanya potongan peribahasa kepada bocah
Foto: TikTok @iben_ma

"Lengkapi peribahasa berikut yah. Berakit-rakit ke hulu?," ujar Ben.

"Rekat-rekat terhulu," jawab sang anak.

Ben pun penasaran mengulang pertanyaan yang sama.  

Bocah itu kembali memberikan jawaban yang salah. "Berenang-renang melulu," katanya.

Namun saat ben bertanya kalimat yang saat ini tengah viral, bocah itu langsung menjawabnya dengan cepat.  

"Tarek ses..," kata Ben dan bocah itu menjawab "Semongko".

Di video selanjutnya, Ben mencoba bertanya kepada gen Z lain dan peribahasa yang bereda.  

"Besar pasak?," tanyanya. 

Anak itu  menggelengkan kepalanya dan menjawab "Nggak tahu bang."

Namun giliran Ben melontarkan "Tarek ses", sang bocah langsung menjawab "Semongko".

Lalu bocah ketiga juga diminta Ben untuk melanjutkan peribahasa yang diucapkan.  

"Lengkapi peribahasa berikut. Berakit-rakit ke hulu....," ucap Ben.  

Baca Juga : Viral Selebgram Hijab karena Berdagu Lancip, Bikin Warganet Julid

 

"Tepi tepi.. eh.. eh bertepi-tepi eh gak tau bang," jawab bocah yang mengenakan baju koko itu.  

Iben bertanya potongan peribahasa kepada bocah
Foto: TikTok @iben_ma

Ben lantas mengganti peribahasanya "Besar pasak?" Lagi-lagi bocah itu tak mengetahui jawabannya.  

Tapi giliran tarik sis, bocah itu menjawab semongko.  

Unggahan Ben itu langsung menjadi viral dan sukses mencuri perhatian warganet. Mereka mengaku bingung kenapa anak-anak zaman sekarang tidak bisa menjawa pertanyaan soal peribahasa.

@WeAreOne: "KONTEN NYA BAGUS BGT !! menyindir anak muda sekarang yang lebih hapal trend dibanding pengetahuan disekolah".

@Riyanti Simaremare: "Kelihatannya sepele & bercanda ya ..? Tapi ternyata separah ini anak didik sekarang... Zaman yang sudah berubah atau mereka yang memang gak tau.??".

@its: "Eh sekarang emang SD diajarin apaa siiii kok pada gatauuu:(".

@RandyDhm: "Jadi penasaran, kurikulum sekarang ini ngajarin pribahasa gak sih.. kok semuanya gak tau".

@Mr. Anfull: "Taunya cuma semongko kan..kapan ini pak Mendikbud sekolahnya dibuka, biar ga jd siswa tik tok teladan".

@harimau: "Woy ini kelahiran brapa? itu pasaran banget loh pribahasanya".

 

@iben_ma

Interview Peribahasa #semongko

♬ buttercup by jack stauber - kazuki Dio