Hari Pahlawan di Kota Batu, 159 Veteran dan Janda Terima Insentif

Nov 10, 2020 18:43
Ketua LVRI Kota Batu Handri Israwan saat menerima insentif secara simbolis Taman Halaman Balai Kota Among Tani, Selasa (10/11/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)
Ketua LVRI Kota Batu Handri Israwan saat menerima insentif secara simbolis Taman Halaman Balai Kota Among Tani, Selasa (10/11/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Sebagai wujud penghormatan kepada jasa pahlawan di Kota Batu, Pemkot Batu memberikan bantuan kepada para veteran dan janda di Kota Batu. Bantuan itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Bantuan untuk veteran itu berupa insentif yang diberikan kepada mereka kurang lebih 156 orang. Secara simbolis diberikan Komandan Pusdikarhanud Brigjen TNI Elman Nawendro dan Komandan Poltekad Brigjen TNI Dr Nugraha Gumilar secara simbolis, menyerahkan bantuan kepada Ketua (LVRI) Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Batu di Taman Balai Kota Among Tani.

Baca Juga : Tiba di Indonesia, Pesawat Rizieq Shihab Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta

Ya, pemberian insentif diberikan secara bertahap sebanyak 4 kali dalam satu tahun. Yakni pada peringatan Hari Veteran, HUT RI, dan HUT Kota Batu, dan di Hari Pahlawan. Setiap momen itu sebesar Rp 1 juta.

Bantuan insentif ini berasal dari anggaran APBD 2020 yang besaran jumlahnya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Misal, pada tahun 2017 setiap veteran dan janda veteran mendapatkan dana sebesar Rp 3,5 juta. Kemudian, pada tahun 2018 hingga saat ini meningkat menjadi Rp 4 juta.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, Hari Pahlawan Tahun 2020 di tengah pandemi Covid 19, diharapkan masyarakat juga dapat turut berpartisipasi dan menggaungkan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protokol kesehatan. Hari Pahlawan Tahun 2020 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” katanya.

Baca Juga : Jelang Kedatangan Rizieq Shihab, Tagar #WelcomeBackIBHRS Menggema di Twitter

Selain itu pemberian insentif ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, kondisi di saat pandemi corona virus disease (Covid-19). Maka, pemberian insentif tersebut sengaja tidak mengundang anggota veteran dan para janda veteran. Upaya tersebut guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

Sementara itu dalam upacara Hari Pahlawan Inspektur Upacara oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Batu unjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi beserta Wakil Ketua dan anggota DPRD Kota Batu, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm Choirul Effendi, Kajari Batu Supriyanto, Kepala BNN Kota Batu AKBP Mudawaroh, dan sebagainya. 

Topik
veteran batuBerita BatuHari Pahlawan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru