Calon Bupati Malang Sanusi (pakai peci, kemeja putih) saat mendengarkan aspirasi masyarakat dan pengelola wisata Sumber Maron
Calon Bupati Malang Sanusi (pakai peci, kemeja putih) saat mendengarkan aspirasi masyarakat dan pengelola wisata Sumber Maron

MALANGTIMES - Kemandirian daerah dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi perhatian besar Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi). Untuk itu, sudah dipersiapkan sejumlah program, guna mendongkrak pendapatan PAD Kabupaten Malang.

Calon Bupati Malang Sanusi mengatakan, salah satu program yang dipersiapkan untuk mendongkrak pendapatan PAD adalah dengan cara mengoptimalkan sektor pajak daerah. Terutama di sektor wisata misalnya pajak hotel dan restoran.

Baca Juga : Jamin Kesehatan Siswa di Kabupaten Malang, Paslon SanDi Tawarkan Program Susu Pagi

”Karena di daerah lain itu PAD bisa mencapai Rp 12 triliun dari pajak hotel dan restoran. Sehingga itu yang harus kita kembangkan di Kabupaten Malang, sehingga nanti penghasilan PAD-nya bisa lebih maju,” ungkap Sanusi.

Beberapa daerah yang mampu menghasilkan pajak mencapai triliunan dari sektor wisata tersebut, dicontohkan Sanusi, salah satunya terjadi di wilayah Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Sekedar diketahui, antara Bupati Malang dan Bupati Badung sendiri sudah menjalin kerja sama. Di mana, dalam Mou (Memorandum of Understanding) antara dua kepala daerah tersebut, menemui kesepakatan untuk membuka paket wisata di Kabupaten Malang dan Bali.

Lantaran ada penandatanganan nota kesepahaman antar dua daerah pemerintahan itulah, yang membuat Sanusi paham jika salah satu cara jitu untuk mendongkrak PAD adalah mengoptimalkan penghasilan pajak di sektor wisata. ”Kami akan memaksimalkan potensi hotel dan restoran, karena PAD terbesar itu dari pariwisata. Disetiap daerah yang melaksanakan pemerintahan itu, (PAD tertinggi, red) dari pajak hotel dan restoran,” ungkap pria yang akrab disapa Abah Sanusi ini.

Lantas bagaimana caranya?, Sanusi mengaku jika langkah pertama yang dilakukan jika dirinya kembali diamanahi memimpin Kabupaten Malang, adalah dengan cara memudahkan pengurusan perizinan.

”Sudah saya instruksikan kepada instansi terkait di Kabupaten Malang, untuk memudahkan pengurusan perizinan. Kalau persyaratannya lengkap dan tidak menyalahi ketentuan, maka sehari sudah bisa jadi,” ungkap Sanusi.

Baca Juga : Tim Pemenangan Malang Bangkit Klaim Elektabilitas Paslon LaDub Terus Naik

Keseriusan sosok politisi dari partai PDI Perjuangan ini, juga sudah mulai terealisasi jauh sebelum Sanusi mengambil cuti sebagai Bupati Malang, lantaran tuntutan kampanye.

”Sekarang sudah kita mulai, ada 2 hotel bintang 5 yang sudah berdiri di Kabupaten Malang. Itu merupakan wujud keseriusan saya dalam mengelola sektor pariwisata,” ungkap politisi yang juga pernah diamanahi sebagai Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Malang ini.

Tidak berhenti di situ saja, dalam kurun waktu maksimal 2 tahun paska kembali dilantik sebagai Bupati Malang, Sanusi juga menyampaikan jika keberadaan resort akan semakin menjamur di Kabupaten Malang.

”Akan ada resort area yang dibangun di sepanjang pantai Malang selatan. Sudah banyak yang mau kerja sama dengan saya, sehingga akan terjadi percepatan di bidang perekonomian dan masalah sosial kehidupan di masyarakat,” pungkasnya.