Puskesmas Mulyorejo Batasi Kelas Ibu Hamil dan Ibu Balita di Masa Pandemi Covid-19

Nov 08, 2020 18:38
Kelas Ibu Hamil yang dilaksanakan Puskesmas Mulyorejo dengan jaga jarak. (Foto: Instagram Puskesmas Mulyorejo).
Kelas Ibu Hamil yang dilaksanakan Puskesmas Mulyorejo dengan jaga jarak. (Foto: Instagram Puskesmas Mulyorejo).

MALANGTIMES - Meski sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, namun kegiatan kelas Ibu Hamil dan Ibu Balita di Puskesmas Mulyorejo kembali dibuka. Hanya saja, pelaksanaannya dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. Setiap peserta diwajibkan melaksanakan 3M (Mencuci Tangan Pakai Sabun, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak).

Selain itu, saat proses pelaksanaannya yang semula bisa menghadirkan full kapasitas kini hanya separo saja dan dengan durasi waktu yang terbatas. Yakni, dalam satu kegiatan dibagi per sesi hanya 1 jam saja.

Baca Juga : Desa Bulukerto Turun Jadi Zona Oranye, Persentase Kematian Capai 10 Persen

Kepala Puskesmas Mulyorejo, drg Dinna Indarti menyampaikan pelaksanaan kelas Ibu Hamil dan Balita ini sebelumnya ditawarkan kepada masyarakat di wilayah puskesmas. Nampaknya, hal itu disambut baik meski harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kelas Ibu Hamil dan Balita ini kegiatan rutin tiap tahun, cuma karena masih masa pandemi, awal-awal kegiatannya ditunda. Karena ini sudah mulai New Normal, kita tawarkan, dan memang pelaksanaannya berbeda dengan sebelumnya. Karena harus protokol kesehatan dan kita dua kali kerja, jadi dua sesi. Kalau biasanya satu kali sesi, karena harus berjarak dan tidak boleh terlalu lama," ujarnya.

Pembatasan juga diberlakukan dalam pemberian edukasi kepada para ibu. Dina menjelaskan, saat sebelum pandemi Covid-19 proses edukasi dilakukan oleh petugas kesehatan dengan menerangkan apa saja terkait kesehatan ibu dan bayi.

Namun, di masa pandemi lebih banyak memaksimalkan media informasi melalui media sosial atau pun pemberian Leaflet kepada para ibu. "Karena hanya satu jam ya, jadi edukasinya lebih banyak kita ngasi Leaflet. Kalau dulu kita menerangkan lama, baru kelas ibu balita," jelasnya.

Baca Juga : Kipasan, Program Puskesmas Kedungkandang Fasilitasi Warga Terjangkit Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 ini pihak Puskesmas rutin mengedukasi para ibu berkaitan dengan informasi yang beredar luas. Misalnya, ketika ibu terjangkit Covid-19 maka masih tetap bisa menyusui anaknya asalkan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Informasi-informasi bagaimana ketika ibu terkena Covid-19 saat menyusui, bagaimana protokol kesehatannya. Lalu anaknya boleh disusui apa tidak. Dan itu sebenarnnya kan boleh, selama ibu pakai masker, cuci tangan, kemudian bisa menggunakan perantara alat lainnya untuk media menyusui," pungkasnya.

Topik
Puskesmas MulyorejoDinkes Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru