Kipasan, Program Puskesmas Kedungkandang Fasilitasi Warga Terjangkit Covid-19

Nov 06, 2020 10:51
Kepala Puskesmas Kedungkandang Kota Malang, dr Lisna. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Puskesmas Kedungkandang Kota Malang, dr Lisna. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upaya layanan kesehatan dalam penanganan Covid-19 di Kota Malang terus digalakkan. Salah satunya yang dilakukan Puskesmas Kedungkandang ini.

Setelah sebelumnya, Puskesmas Kedungkandang menghadirkan tim kesehatan Terpana (Terpadu Tanggap Corona). Kali ini, guna memfasilitasi warga yang pernah terjangkit Covid-19 dengan 'Kipasan' atau Klinik Pasca Pajanan.

Baca Juga : Update Covid-19: Terjadi Penambahan 4 Pasien di Kabupaten Malang

Kepala Puskesmas Kedungkandang, dr Lisna mengungkapkan program Kipasan ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan pehatian dan stimulus bagi pasien yang pernah terjangkit Covid-19 di wilayah lingkup kerja puskesmas agar tidak mengalami stress pasca mereka menjalani perawatan isolasi mandiri ataupun dari rumah sakit.

"Kegiatannya di mana kita meningkatkan fisik dan mental para isoman (isolasi mandiri)," ujarnya.

Sebagai contoh kegiatan, yakni mengajak jajaran staff di Puskesmas Kedungkandang untuk terlibat dalam perlombaan mewarnai. Cara ini dilakukan untuk memberikan semangat terkhusus bagi petugas medis yang sempat terjangkit Covid-19.

Meski hanya kegiatan kecil, namun langkah ini dinilai mampu untuk mengembalikan semangat positif antar staff di wilayah Puskesmas Kedungkandang.

"Contoh kecilnya di Puskesmas Kedungkandang, karena pernah beberapa petugas medisnya terpapar Covid-19. Dari situ, kita meningkatkan mental staff puskesmas, kita adakan lomba mewarnai antar staff puskesmas. Mungkin sepele ya lomba mewarnai, tapi itu dapat meningkatkan keeratan dan semangat positif lagi dari rekan-rekan petugas medis," jelasnya.

Baca Juga : Lewat 'Kewut Arema', Puskesmas Arjowinangun Ajak Para Nenek Dukung ASI Eksklusif

Hal lainnya yang juga dilakukan dalam program inovasi Kipasan ini, yakni dengan menggencarkan sistem pemantauan terhadap pasien pasca terjangkit Covid-19. Salah satunya dengan memanfaatkan media chatting WhatsApp.

"Kami mendampingi masyarakat yang isolasi mandiri, juga masyarakat yang ingin tahu informasi terkait Covid-19. Jika ada pertanyaan seputar tidurnya bagaimana, apakah boleh makan bersama keluarga di rumah, hingga bagaimana mencuci baju, itu kan hal-hal yang banyak dibingungkan masyarakat, kita beri penjelasan juga melalui cara ini," tandasnya.

Topik
Program Puskesmas KedungkandangWarga Terjangkit Covid 19Terpadu Tanggap CoronaKlinik Pasca Pajanan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru