Sering Bersin Saat Bangun Tidur di Pagi Hari? Coba Atasi dengan Cara Ini

Nov 08, 2020 11:47
Ilustrasi. (Foto: iStock).
Ilustrasi. (Foto: iStock).

MALANGTIMES - Sering bersin-bersin di pagi hari waktu bangun tidur? Tak perlu khawatir, sebab kondisi tersebut terjadi pada banyak orang.

Penyebab sering bersin di pagi hari yang biasanya tiba-tiba muncul setelah bangun tidur ini belum tentu juga menjadi penyebab gejala flu. Bahkan biasanya gejala bersin-bersin ini tiba-tiba akan menghilang saat siang hari.

Baca Juga : Angka Konfirmasi Positif dan Kematian Covid-19 Kota Batu Terus Naik, Tak Kunjung Melandai

Kepala Puskesmas Arjuno Kota Malang, dr Ida Megawati mengatakan kondisi seorang yang mengalami hal tersebut bisa dikatakan mengalami alergi udara dingin. Sehingga, untuk menghindari itu tidak perlu mendatangi layanan kesehatan.

"Bersin-bersin di pagi hari itu termasuk istilahnya dia sensitif kepada udara dingin. Jadi belum tentu itu gejala penyakit seperti flu," jelasnya.

Meski, tak dapat dipungkiri bersin di pagi hari ini akan sangat menggangu bila terjadi secara rutin. Gejalanya seperti hidung tersumbat, keluar ingus dan mata terasa gatal.

Ida menambahkan, penyebab sering bersin di pagi hari ini rupanya berkaitan dengan kondisi tubuh dan kondisi lingkungan tempat tidur. Yang mana, hal ini bisa muncul karena alergi, peradangan, maupun karena kondisi ruangan atau udara yang tidak sesuai dengan kenyamanan.

Lantas, seperti apa agar seseorang tidak mengalami alergi di pagi hari?

Langkah yang harus dilakukan, yakni setelah bangun tidur tidak dianjurkan langsung beranjak ke kamar mandi. Melainkan, untuk bisa beraktivitas di dalam kamar.

"Semisal, membersihkan tempat tidurnya dulu dirapikan. Sesudah suhu tubuhnya naik, lima menit melakukan aktivitas itu barulah keluar dari kamar. Sehingga, nggak langsung kaget suhu tubuhnya," terangnya.

Baca Juga : Atasi Covid-19 Kota Batu, Butuh 3 Ribu Vaksin

Cara ini efektif untuk dilakukan, sebab perubahan suhu tubuh dalam diri seseorang mampu mengurangi risiko munculnya Rhinitis Alergi. Yaitu kondisi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap alergen atau pemicu alergi.

"Perubahan suhu itu bisa mengurangi risiko terjadinya, munculnya Rhinitis Alergi," imbuhnya.

Nah, dengan menerapkan aktivitas tersebut di rumah maka seorang yang mengalami alergi ini akan dapat mengontrol tubuhnya. Sehingga tidak perlu khawatir berlebih akan terserang penyakit.

"Pasien bisa melatih itu di rumah dan menerapkan itu setiap hari. Sehingga bisa mengurangi alerginya tanpa harus mendatangi puskesmas. Mari lebih memahami mengenai kondisi penyakitnya, tanpa harus cemas berlebihan," tandasnya.

Topik
berita kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru