Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Rasa Nikmat Rektor UIN Malang Prof Haris Temukan Kebenaran dalam Alquran

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : A Yahya

06 - Nov - 2020, 19:19

Placeholder
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg (tengah) dalam agenda khotmil Qur'an dan istighosah rutin. (Foto: Ima/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Setiap hari Jumat, Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) Prof Dr Abdul Haris MAg beserta jajarannya rutin menggelarKhotmil Quran, Istigasah, dan Selawat Nabi. Tak ketinggalan juga hari ini (Jumat, 6/11/2020). Prof Haris berharap dengan adanya kegiatan itu dapat mendekatkan hati civitas kepada Allah.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Haris membaca juz 15. Di dalamnya terdapat ayat yang berarti, "Jika kalian semua berbuat baik itu artinya untuk kebaikan kamu sendiri. Sebaliknya, kalau kamu berbuat jahat itu sesungguhnya akan berakibat kepada dirimu sendiri."

Baca Juga : Usaha Kembalikan Kejayaan Islam, UIN Malang Terapkan Integrasi Sains dan Islam

"Kalau ini kita jadikan prinsip maka insya Allah di dalam kehidupan ini akan selalu mendapat petunjuk dari Allah subhanahu wa ta'ala," ujar Prof Haris.

Kata Prof Haris, ayat ini merupakan satu rumus yang aksiomatis, tidak perlu dibuktikan kebenarannya.

Ia lalu bercerita bahwa di rumahnya terdapat banyak sekali buku. Ia senang membaca buku. Namun, dari sekian banyak buku yang ia baca, ia berkesimpulan bahwa kebenaran justru ada pada Al-Qur'an. "Mudah-mudahan ini menjadi satu resonansi jiwa bahwa ternyata hidup ini kita mencari kebenaran dan kebenaran itu ada di dalam Al-Qur'an," tuturnya.

Baca Juga : Webinar UIN Malang Hadirkan Tokoh Sains yang Jago Ilmu Agama

Dengan begitu, lanjutnya, hidup menjadi tentram, sangat bahagia, dan sangat nikmat seperti orgasme. Dengan menemukan kebenaran dan merasakan kenikmatan ini, manusia menjadi tidak begitu terganggu oleh hal-hal yang bersifat duniawi. "Jadi betul-betul merasakan kenikmatan yang luar biasa karena menemukan kebenaran, kebenaran yang ada di dalam Al-Qur'an," pungkasnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

A Yahya