Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Awan Unik di Langit Kota Batu Ini Namanya Altocumolus Lenticularis, Berbahaya untuk Penerbangan

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

05 - Nov - 2020, 14:09

Awan Altocumolus Leticularis saat berada di atas langit Kota Batu. (Foto: istimewa)
Awan Altocumolus Leticularis saat berada di atas langit Kota Batu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Fenomena alam berupa bentuk awan menyerupai spiral tak hanya terlihat di langit Kota Malang tapi juga di atas langit Kota Batu, Kamis (5/11/2020). Kejadian alam yang tidak biasa ini, cukup menggemparkan masyarakat maupun netizen di media sosial. 

Banyak yang bertanya-tanya fenomena alam tersebut. Termasuk nama awan yang jarang terlihat itu. Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto menyebutkan awan yang disebut awan spiral itu bernama Altocumolus Lenticularis

Baca Juga : 15 Pelajar Dicegah Polisi Saat Akan Gabung Demo Tolak UU Cipta Kerja di Malang

 

“Awan ini memang biasa muncul pada dataran tinggi atau sekitar gunung,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto.

Ia menambahkan, jika awan itu tidak membahayakan, namun memberikan efek buruk pada dunia penerbangan. “Sebab pesawat bisa mengalami turbulensi atau guncangan,” imbuhnya.

Selain itu, awan tersebut bisa terbentuk juga karena adanya udara lembap yang berada di kawasan gunung naik ke atas. Sehingga membuat arus udara itu menyebabkan pengembunan dan membentuk awan.

Sedangkan untuk awan Altocumolus Leticularis termasuk awan menengah. Ya menurut bahasa meteorologi ada tiga golongan yakni awan rendah, menengah dan tinggi.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Sederet Pilot Alih Profesi Jual Mi Ayam hingga Dim Sum Online

 

Sementara itu, banyak warganet yang menduga-duga bentuk awan itu layaknya benda langit di film-film yakni ufo. Dan banyak dari mereka yang memuji keindahan awan tersebut. 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya