Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Setelah Pandemi, Ini Jemaah Umrah Pertama Indonesia yang Sampai di Makkah

Penulis : Desi Kris - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Nov - 2020, 09:00

Umrah (Foto: Tampa Bay Times)
Umrah (Foto: Tampa Bay Times)

MALANGTIMES - Arab Saudi sempat menutup akses ibadah haji dan umrah lantaran pandemi Covid-19. Namun, saat ini ibadah umrah sudah kembali dibuka meski dengan peserta yang terbatas dan protokol kesehatan yang ketat.  

Sebelumnya, diinformasikan jika sebanyak 360 jemaah umrah asal Indonesia telah diberangkat ke Arab Saudi oleh DPP Asosiasi Muslim Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI (Amphuri).  

Baca Juga : Budiman Sudjatmiko Ungkap Sosok Lain yang Layak Jadi Pembela Muslim di Prancis

 

Jemaah diberangkatkan dengan program 10 hari dengan protokol kesehatan dan serba keterbatasan. Salah satu jemaah umrah asal Indonesia berhasil diwawancari oleh salah satu YouTuber asal Indonesia di Arab Saudi.  

Wawancara tersebut diunggah melalui channel YouTube Bung Hasibuan pada Senin (2/11/2020). Bersama rekannya Ustaz Muhammad Sofi, Hasibuan berhasil mewawancarai jemaah umrah asal Makassar bernama Nita melalui video call.  

Dari Nita, didapatkan informasi jika jemaah yang akan berangkat umrah harus melakukan swab tes terlebih dahulu di Jakarta. Selain itu, terdapat dua pilihan untuk menjalani ibadah umrah.  

Pilihan pertama yakni setelah dari pesawat langsung melakukan ibadah umrah dan baru dikarantina. Pilihan kedua dikarantina dahulu lalu baru menjalankan ibadah umrah.  

Sementara Nita yang bersama tantenya memilih pilihan kedua. Ia memilih untuk melakukan karantina selama tiga hari dan baru menjalankan ibadah umrah.  

Diketahui, karantina selama tiga hari ini sudah menjadi peraturan ketat bagi jemaah. Mereka akan dikarantina selama tiga hari di hotel di Arab Saudi.  

"Iya dikarantina selama tiga hari, keluar kamar saja tidak boleh," ujar Nita.  

Hal itu pun juga membuat Nita dan jemaah lain tidak bisa melakukan salat lima waktu di Masjidil Haram. Diketahui, Nita saat ini berada di Hotel Hilton Suites yang lokasinya sangat dekat dengan Masjidil Haram.  

Ia tiba pada Minggu (1/11/2020) dan akan menjalankan ibadah umrah pada Kamis (5/11/2020) mendatang.

Baca Juga : Turut Boikot Produk Prancis, Swalayan di Jatim Ini Kosongkan Etalase

 

Lebih lanjut Nita memberikan informasi lain mengenai peraturan jemaah umrah, seperti batas usia.  

"Kalau jemaah kan maksimal 50 tahun, minimal 18 tahun," cetusnya.  

Ustaz Sofi pun juga membagikan informasi jika Nita dan jemaah lain melaksanakan ibadah umrah jangan sampai melepas masker.  Jika ketahuan dilepas, nantinya jemaah akan mendapatkan teguran.  

Selain itu, Nita juga mengatakan jika satu kamar hotel hanya boleh diisi oleh dua orang. Sementara ia harus merogoh kocek Rp 20-Rp 30 juta untuk melaksanakan ibadah umrah.  

Dengan harga itu, Nita tak menyangka jika ia mendapatkan fasilitas yang cukup mewah dari pihak hotel yang sudah diurus pihak travel pilihannya.  

Video : SANGAT BERUNTUNG JEMAAH UMRAH INDONESIA YG PERTAMA SAMPAI DI MAKKAH SUBSCRIBER NYA @MUHAMMAD SOFI AW


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Nurlayla Ratri