Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang Arus Balik Libur Panjang, Satlantas Polres Malang Siapkan Skema Atasi Kemacetan

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Heryanto

30 - Oct - 2020, 15:04

Kasat Lantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho saat ditemui awak media di Pos Lalulintas Karanglo, Jumat (30/10/2020). (Foto: Dok. JatimTimes) 
Kasat Lantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho saat ditemui awak media di Pos Lalulintas Karanglo, Jumat (30/10/2020). (Foto: Dok. JatimTimes) 

MALANGTIMES - Menjelang arus balik dari liburan panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama, jajaran Satuan Lalulintas Polres Malang menyiapkan skema pengaturan lalulintas di beberapa titik kerawanan kemacetan. 

Kasatlantas Polres Malang AKP Ady Nugroho, mengungkapkan, bahwa terdapat dua fokus utama pengamanan arus lalu lintas. Yakni di setiap traffic light dan perlintasan kereta api karanglo, Kecamatan Singosari. 

Baca Juga : Koridor Kayutangan Dibangun, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

 

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang disebabkan oleh melonjaknya kendaraan arus balik ke wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya. 

"Antisipasi arus balik, kita bagi dua. Dari arah Kota Malang, di Karanglo dan perlintasan kereta api itu. Personel akan kita maksimalkan besok Sabtu dan hari Minggu," ungkapnya ketika dikonfirmasi awak media di Pos Lalulintas Karanglo, Jumat (30/10/2020). 

Ady yang juga pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polresta Malang Kota ini menuturkan, bahwa berdasarkan rekapan data dari Satlantas Polres Malang, selama liburan panjang beberapa hari ini jumlah kendaraan yang melintas di Exit Tol Karanglo berjumlah 150 hingga 200 unit per menit. 

"Kendaraan masuk kurang lebih sekitar 150 sampai 200 per menit. Durasi libur panjang ini memang ada penurunan. Tapi tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasa," terangnya. 

Dengan antusiasnya wisatawan yang berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang, Ady mengatakan, bahwa terdapat dua titik kerawanan yang menjadi langganan kemacetan. Dua titik tersebut tersebar di dua kecamatan, yakni perlintasan kereta api karanglo, Kecamatan Singosari dan Jurang Klampok atau yang biasa disebut Jurang Mayit yang terletak di Kecamatan Bantur. 

Baca Juga : Long Weekend, 120 Personel Polres Batu Dikerahkan

 

"Utara itu di perlintasan kereta api Karanglo. Karena ada penyempitan jalan di situ sampai ke Batu. Kalau di Selatan di Jurang Mayit karena ada jembatan yang belum jadi itu dan jalannya belok-belok naik-turun," tutupnya. 

Sebagai informasi, bahwa saat ini masih merupakan hari libur yang di mana membuat banyaknya wisatawan yang melewati jalanan Kabupaten Malang. Puncak arus balik diprediksi akan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Heryanto