Pelaku yang mengambil uang dan HP milik jamaah masjid yang tengah salat di Masjid Noor, Kidul Pasar (Ist)
Pelaku yang mengambil uang dan HP milik jamaah masjid yang tengah salat di Masjid Noor, Kidul Pasar (Ist)

MALANGTIMES - Viral sebuah video aksi pencurian barang milik jamaah yang sedang salat di Masjid Noor, Jalan Moh Yamin, Kidul Pasar, Klojen Kota Malang. Pelakunya adalah seorang wanita berjilbab dan berbaju pink. Kejadiannya terjadi pada tanggal 22 Oktober 2020.

Ya video tersebut awalnya diposting oleh akun Facebook bernama Somayhariyadi. Dalam video tersebut, terlihat pelaku sebelumnya duduk bersandar pada pagar masjid di lantai dua. Sementara di samping depan pelaku ini, nampak dua orang wanita tengah menunaikan Salat Dhuhur dan barang milik mereka diletakkan di belakang mereka salat.

Baca Juga : Kesal Tak Dibela, Jadi Motif Wanita yang Videonya Viral Berbuat Kasar pada Nenek Tua

 

Setelah beberapa saat, pelaku kemudian berdiri dan berjalan keluar. Diduga saat itu pelaku memastikan situasi telah aman sebelum mengambil barang. Tapi tak berapa lama, pelaku kembali lagi dan berdiri di dekat pagar untuk kembali melihat situasi keluar. Setelah dirasa aman, pelaku langsung mengambil barang korban.

Karena korban dan temannya begitu khusyuk menjalankan salat, ia tak sampai tau jika dompet dan HP miliknya telah dicuri pelaku. Dari situ, setelah berhasil menguasai barang dan uang korban, pelaku kemudian segera kabur dengan sedikit berlari.

Adanya aksi pencurian tersebut, dibenarkan oleh takmir masjid, Achmad Shobi Zamroni (45) dan juga pengawas proyek bangunan yang sedang berjalan di masjid, Samsul (67). Dijelaskannya kejadian diperkirakan sekitar pukul 12.30 wib. Pelaku sebelumnya diketahui sempat menjalankan Salat Dhuhur.

Setelah itu pelaku sempat tidur-tiduran di dekat pagar pembatas di lantai dua. Tak lama, datang korban yang akan menjalankan Salat Dhuhur. Sebelum salat korban sempat menghitung uang di dekat pelaku dan setelah selesai, korban kemudian menjalankan salat.

"Ya korban kan hitung uang di dekat pelaku, diduga pelakunya tau, sehingga kemudian pas ada kesempatan korban salat, uang korban diambil," beber Samsul, Rabu (28/10/2020).

Dijelaskannya Samsul, jika uang yang dicuri korban berjumlah sekitar Rp 3 juta. Bukan bukan hanya itu, satu buah HP korban yang juga diletakkan di dekat dompet juga dibawa kabur oleh pelaku. Dari informasi, jumlah uang korban yang dicuri sekitar Rp 3 juta.

"Itu katanya milik satu karyawan toko pupuk di sekitar sini, tapi saya nggak tau namanya, memang biasanya salat di sini. Uang itu katanya hasil jualan kardus, tapi korban bilang biarin wes pak (mengikhlaskan)," jelasnya.

Baca Juga : Polisi Cari Rumah Nenek Tua yang Videonya Viral Dapat Aksi Kasar Wanita Muda

 

Usai salat, korban begitu kaget mendapati HP dan smua miliknya  telah raib. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pengurus masjid. Pengurus masjid yang mendapat laporan tersebut, kemudian langsung melakukan pengecekan pada kamera CCTV.  Benar saja, ketika dicek, di situ didapati jika telah terjadi pencurian barang milik jamaah masjid.

"Dari ciri-ciri, pelaku mengenakan pakaian dan jilbab pink. Saat itu pelaku juga memakai tas slempang dan juga masker yang tak pernah dilepas mulai masuk hingga pelaku keluar," ungkapnya.

Sementara itu, pengurus masjid, kedepan akan segera menyediakan tempat penitipan barang dan juga operator pengawas CCTV, untuk mencegah hal tersebut kembali terulang lagi.

"Ya setelah pembangunan ini, kami akan segera menyediakan tempat penitipan barang, sama operator juga. Tapi karena masih dalam pembangunan, saat ini tempat penitipan barang masih ditiadakan," tambah Takmir Masjid Noor.