Skuat Arema FC asuhan pelatih Carlos Oliveira (official Arema FC)
Skuat Arema FC asuhan pelatih Carlos Oliveira (official Arema FC)

MALANGTIMES - Dampak pandemi Covid-19 menyelimuti tim sepak bola yang mengikuti kompetisi Liga 1 2020. Pasalnya, dari sekian pemasukan yang ada selama kompetisi digulirkan kini terpaksa terhenti dan tidak bisa dimaksimalkan untuk tim.

Efeknya, berbagai klub tak bisa memakai jasa pemain asing seperti biasanya. Bahkan, beberapa pemain asing yang awalnya bertahan pun banyak yang eksodus. Misalnya, Jonathan Bauman, In-Kyun, Elias Alderete dan Matias Malvino.

Baca Juga : Banyak Demonstrasi, Aremania Harap Kompetisi Segera Digelar untuk Hiburan

Arema FC juga membatalkan striker asing asal Asia yang diinginkan pelatih kepala Carlos Oliveira. Hal itu karena manajemen memutuskan untuk menggunakan tenaga dua pemain asing saja untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2020. Dua pemain asing asal Brasil itu yakni Caio Ruan dan Bruno Smith. 

Manager umum Arema FC Ruddy Widodo, mengatakan, bahwa saat ini pihaknya mantap menggunakan dua pemain asing untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2020. Walau jadwal digelarnya pentas sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air belum jelas kapan akan digelar, mengingat pihak keamanan dalam hal ini Polri belum mengeluarkan izin resmi.

Ruddy berdalih daripada menggunakan striker asing namun kualitasnya standar, ia mengaku lebih baik menggunakan striker lokal seperti Dedik Setiawan, Kushedya Hari Yudo atau M. Rafli. 

"Dari pada tidak terlalu bagus, lebih baik kami maksimalkan penyerang lokal saja," ucapnya.

Sebagai informasi, Caio berposisi sebagai defender dan Bruno berposisi sebagai playmaker. Keduanya diproyeksikan menggantikan posisi dari Matias Malvino yang tidak dilanjutkan kerjasamanya oleh Arema FC dan Oh In-Kyun yang memilih mundur dari tim karena mengakhiri karir sepak bola di tahun 2020.

Dengan datangnya dua pemain asing itu, Ruddy mengaku mendapatkan arahan dari jajaran direksi untuk lebih berhemat. Mengingat kompetisi belum jelas kapan akan dimulai dan tim sendiri tidak mendapat pemasukan sama sekali karena kompetisi dihentikan. 

Baca Juga : Setelah Latih Tanding, Arema FC Mantap hanya Gunakan Dua Pemain Asing

"Direksi juga minta agar kami hemat setelah merekrut pelatih, Caio, dan Bruno," tegasnya.