Air dari sumur peninggalan Rasulullah SAW yang masih mengalir deras hingga saat ini. (Channel YouTube Alman Mulyana).
Air dari sumur peninggalan Rasulullah SAW yang masih mengalir deras hingga saat ini. (Channel YouTube Alman Mulyana).

MALANGTIMES - Jejak peninggalan Rasulullah SAW saat menyampaikan syiar Islam masih dapat dinikmati hingga saat ini. Sederet peninggalan itupun tak hanya meninggalkan jejak Rasulullah SAW, melainkan memberikan pelajaran luar biasa bagi muslim yang belajar. Karena setiap peninggalan Rasulullah SAW selalu dilengkapi dengan banyak keajaiban yang luar biasa.

Salah satunya adalah kompleks perumahan yang dilengkapi dengan musala dan sumur yang masih mengalir deras hingga saat ini. Bahkan, air yang mengalir deras itu mampu mengairi seluruh pohon kurma yang ada di area perkebunan sekitaran sumur. Sehingga, membuat kurma-kurma tersebut tumbuh subur.

Baca Juga : Peringati Hari Santri, Sidang Paripurna DPRD Kota Malang Diwarnai Sarung dan Peci

Dilansir dari channel YouTube Alman Mulyana, sumur tersebut letaknya tak jauh dari Masjid Quba, yaitu sekitar 200 meter saja. Kawasan tersebut memang jarang didatangi, lantaran memang tak sembarangan bisa memasuki area tersebut.

Dalam video yang diunggah tersebut, Alman mula-mula menunjukkan sebuah bangunan rumah yang konon sempat ditinggali Rasulullah SAW. Rumah tersebut kini masih berdiri kokoh dengan beberapa atap yang memang disangga dengan kayu khusus.


Interior rumahnya pun disekat-sekat layaknya rumah pada umumnya. Rumah tersebut terlihat terbuat dari bebatuan yang sangat kokoh, dan atap dari pelepah kurma. Tak jauh dari bangunan rumah, terdapat sumur yang juga sudah ada sejak masa Rasulullah SAW.

Sumur tersebut ditutup dengan tembok yang mengeliling mata air. Namun airnya tetap bisa mengalir ke luar dan ditampung dalam sebuah wadah yang berukuran cukup besar. Air yang ada pada wadah itu kemudian dialirkan ke perkebunan kurma yang sangat luas tersebut.

Sumur tersebut dijaga oleh seorang penjaga khusus. Air di dalam sumur mengalir deras dan begitu jernih. Saat dicicipi, airnya pun terasa sangat segar.

Baca Juga : Kondisi Faktual Arab Saudi Sekarang, Padang Pasir Jadi Padang Rumput

 

Tak jauh dari bangunan sumur, terdapat mushala terbuka yang konon dijadikan sebagai tempat shalat Rasulullah SAW. Di mana tiangnya terbuat dari pelepah daun kurma dan tanpa dikelilingi dinding. Musala tersebut merupakan salah satu bangunan peninggalan Rasulullah SAW.

"Di sini Rasulullah SAW pernah salat dan ada peninggalan rumah jaman dulu," kata Yayan sembari menunjukkan video sebuah bangunan rumah yang kini dijadikan tempat tinggal pekerja. Di sekeliling rumah pun terdapat beberapa tanaman hijau.

Selain perkebunan kurma yang subur, rumah peninggalan Rasulullah SAW dan mushala yang masih berdiri kokoh, di tempat tersebut juga disediakan beberapa tempat duduk. Tempat tersebut biasa dijadikan tempat untuk duduk masyarakat yang berkunjung.