MAN 2 Kota Malang borong medali KSN 2020. (Foto: Kemenag)
MAN 2 Kota Malang borong medali KSN 2020. (Foto: Kemenag)

MALANGTIMES - Kompetisi Sains Nasional 2020, ajang kompetisi siswa SMA/MA seluruh Indonesia telah berakhir belum lama ini. Para juara sudah diumumkan. 

Berdasarkan 34 Provinsi yang ikut serta dalam ajang ini, perolehan medali terbanyak didapatkan oleh Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan perolehan 10 emas, 14 perak, dan 17 perunggu. Diikuti oleh Provinsi DKI Jakarta memperoleh 7 emas, 21 perak, 18 perunggu, serta di posisi ketiga yaitu Provinsi Banten dengan perolehan medali 7 emas, 10 perak, 11 perunggu.

Baca Juga : Wujudkan SDM Unggul, SMK di Kabupaten Malang Bakal Dicetak Mahir Teknologi Komputer

Dari total raihan medali Provinsi Jatim, tim MAN 2 Kota Malang berhasil membawa pulang medali terbanyak, yakni sejumlah 11 medali.

"Secara keseluruhan MAN 2 Kota Malang mendapatkan 11 medali yang merupakan perolehan medali terbanyak, baik antar sekolah maupun antar madrasah secara nasional," ujar Kepala MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah.

"11 medali ini terdiri atas satu emas, lima perak, dan lima perunggu," sambungnya.

KSN 2020 adalah yang kali pertama digelar secara daring. Ajang ini diikuti siswa-siswi terbaik yang terjaring secara berjenjang sejak seleksi tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi.

Dari seluruh peserta KSN tingkat provinsi se-Indonesia, dijaring 100 siswa terbaik untuk masing-masing bidang studi dan berhak mengikuti KSN tingkat Nasional.

Terdapat sembilan bidang studi yang dilombakan, di antaranya Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Astronomi, Informatika, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi. Total ada 30 medali yang diperebutkan pada masing-masing bidang, terdiri atas 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu. Para pemenang KSN tingkat nasional ini akan mendapat kesempatan mengikuti pelatnas dan mewakili Indonesia di Olimpiade Sains Internasional.

"Siswa MAN 2 Kota Malang yang berhasil mewakili Provinsi Jawa Timur ke KSN tingkat Nasional sebanyak 15 siswa," tutur Binti.

Baca Juga : Kota Batu Zona Oranye, Beberapa Sekolah Bakal Ajukan Pembelajaran Tatap Muka

 

Kata Binti, prestasi ini berkat kerja keras dan dan melalui proses panjang yang secara istiqomah bisa dilaksanakan dengan baik.

"Juga tidak lepas dari dukungan, kepedulian, dan kontribusi seluruh elemen civitas akademika MAN 2 Kota Malang," lanjutnya.

Selain MAN 2 Kota Malang, khusus untuk kota Malang juga terdapat SMAN 7 Kota Malang yang berhasil meraih perunggu pada bidang lomba fisika.