Atlet paralayang saat terbang di atas langit Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Atlet paralayang saat terbang di atas langit Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Baru-baru ini atlet Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kota Batu berhasil memboyong juara dalam kejuaraan  paralayang virtual. Kejuaraan bertajuk  Virtual Paragliding Festival itu diikuti oleh kurang lebih 400 peserta di enam titik lokasi di Indonesia.

Dalam kejuaraan itu, kelas senior putra dimenangkan atlet Kota Batu yang tidak asing lagi,  yakni Roni Pratama. Kota Batu juga menyabet juara II kelas senior putri atas nama Rika Wijayanti.

Baca Juga : Pertina Kota Batu Gelar Tryout dan Silaturahmi Petinju Malang Raya

Sedangkan  kelas junior putri berhasil dikuasai atlet paralayang Kota Batu. Yakni juara I oleh Syahdana Revi, juara II oleh Dessy Ramadhani, dan juara III diraih  Anggitya Safika.

Kemudian di kelas Jatim 2 under U-19, atlet paralayang Kota Batu juga mendapatkan juara 1. Masing-masing di kelas putra U-19 dan putri U-19.

Kejuaraan secara virtual itu dilaksanakan di enam lokasi yang berbeda. Yakni di Sumedang (Jawa Barat), Puncak (Jawa Barat), Wonosobo (Jawa Tengah), Kemuning (Jawa Tengah), Kota Batu (Jawa Timur), dan Macau Duo Tanah Datar (Sumatera Barat) pada 17-18 Oktober 2020.

Pelatih dan Manajer Tim Paralayang Kota Batu Bayu Krisna mengatakan, para atlet telah berusaha maksimal untuk meraih prestasi di tengah pandemi covid-19. 

Baca Juga : Pertina Kota Batu Gelar Tryout dan Silaturahmi Petinju Malang Raya

Dia menyebut kejuaraan ini tidak jauh berbeda dengan sebelum-sebelumnya. “Meskipun secara virtual, sistemnya sama saja. Cuma dilakukan di tempat yany beda-beda sehingga ada tantangan berbeda. Lalu juga kepadatan udara berbeda, karakter berbeda, serta kondisi cuaca berbeda juga,” ucapnya.

Walaupun lokasinya dilakukan di tempat yang berbeda-beda, penilaiannya tetap satu dengan penghitungan dalam waktu yang sama. Kelas yang dilombakan pun hanya satu, yakni ketepatan mendarat.