Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) menerima penghargaan opini WTP dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) menerima penghargaan opini WTP dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Pemerintah Kota Malang di tengah pandemi covid-19. Karena untuk ke sembilan kalinya, Kota Malang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, prestasi yang kembali ditorehkan itu merupakan wujud sinergitas antara Pemerintah Kota Malang bersama DPRD Kota Malang dan ditopang oleh segenap elemen masyarakat di Kota Pendidikan ini.

Baca Juga : Empat Sektor Pajak di Kabupaten Malang yang Terdampak Nyata Covid-19

"Ini kerja keras dan dukungan semua pihak," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima MalangTIMES, Senin (19/10/2020).

Meski kembali meraih opini WTP, Sutiaji tetap menekankan agar Pemerintah Kota Malang lebih tertib dan meningkatkan ketepatan dalam laporan keuangan yang dibuat. Selain itu juga terus dikuatkan dengan impact dan benefit dari setiap program kegiatan yang dieksekusi oleh masing-masing perangkat daerah.

Akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah menurutnya harus terus dikuatkan. Terlebih pada fase gawat darurat seperti masa pandemi covid-19. Hal itu pula yang telah ditegaskan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, usai menerima penghargaan, Wali Kota Malang Sutiaji ikut serta dalam agenda Rakor Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jatim yang di moderatori Wagub Jatim Emil Dardak. Agenda tersebut menghadirkan narasumber Kapolda Jatim, Ketua KPU Jatim, Kajati Jatim, Ketua DPRD Jatim, Kasdam V Brawijaya dan Pangkomartim.  

Rakor digelar dalam rangka mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Jatim yang Tertib, Aman, dan Lancar di Tengah Pandemi Covid-19.

Baca Juga : Minat Baca Tinggi, Perpustakaan Kota Malang Tetap Ramai Saat Pandemi Covid-19

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran dalam agenda tersebut menitikberatkan protokol kesehatan dalam pengamanan pilkada 2020. Dia menekankan agar pengamanan pilkada di Jawa Timur harus mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Karena, saat ini masih massa Pandemi Covid-19," katanya.

Sebagai informasi, penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai perwakilan pemerintah pusat, bersamaan dengan acara rapat koordinasi ketertiban dan keamanan di wilayah Provinsi Jawa Timur (19/10 '20) di Grand City Surabaya.