Pembenahan gorong-gorong di Jl. Danau Toba Raya Sawojajar (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Pembenahan gorong-gorong di Jl. Danau Toba Raya Sawojajar (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Kawasan Jl. Danau Toba Raya Kelurahan Sawojajar, menjadi salah satu kawasan yang sering terjadi genangan saat musim hujan datang. Salah satu penyebabnya diduga lantaran fungsi drainase yang sudah tidak maksimal lagi.

Untuk mengatasi itu, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, mulai melakukan perbaikan terhadap gorong-gorong atau drainase tersebut. Saat ini, beberapa titik sudah mulai dalam tahap pengerjaan.

Baca Juga : Lagi-Lagi Macet Dikeluhkan, Dewan Kembali Usul Pembangunan Jalan Baru

Salah satunya adalah gorong-gorong Jl. Danau Toba Raya Kelurahan Sawojajar. Para pekerja tampak sudah melakukan penggalian dan pembenahan pada gorong-gorong yang berada di sekitar kawasan perempatan Jl. Danau Toba Raya tersebut sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas PUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso menyampaikan, anggaran pembenahan drainase atau gorong-gorong itu sudah ditetapkan dalam APBD-Perubahan. 

Pembenahan drainase tersebut tersebar di lima kecamatan. Namun memang lebih diutamakan untuk kawasan dataran tinggi. Diantaranya seperti Kelurahan Mulyorejo, Galunggung, Lesanpuro, dan Pandanwangi.

Sementara khusus untuk pemeliharaan saluran drainase di kawasan padat pemukiman, diantaranya dilakukan di kawasan Jl. Raya Sawojajar, Jl. Pasar Besar, Jl. Kawi, hingga kawasan Bandulan.

"Dari 26 titik genangan telah dilakukan penanganan di 2018 dan 2019, total sebanyak 20 titik genangan yang sudah tertangani. Sisanya dilakukan tahun ini," kata Sony.

Penanganan terhadap titik genangan itu, menurut Sony, terus dimaksimalkan. Sehingga, diharapkan tidak ada lagi kawasan yang terendam genangan saat musim penghujan datang. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Kemenpan RB Arahkan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi

Selain pembenahan drainase, upaya pemeliharaan seperti membersihkan saluran air juga terus dilakukan oleh satgas Dinas-PUPRPKP Kota Malang. Masyarakat juga diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, berdasarkan LPSE Kota Malang, tender Belanja Jasa Konstruksi Rehabilitasi/ Pengembangan Saluran Drainase/Gorong-gorong Jl. Danau Toba Raya Kelurahan Sawojajar, dimenangkan oleh CV. Cita Bangun Semesta. Nilai pagu paket sebesar Rp Rp 634.480.000,00 dengan nilai HPS sebesar Rp Rp 606.417.678,09.

Selain kawasan Jl. Danau Toba Raya, pengerjaan gorong-gorong juga nampak mulai dikerjakan di kawasan Jl. Cemorokandang. Kawasan tersebut menjadi salah satu titik yang sering dikeluhkan masyarakat. Lantaran kondisi jalan yang rusak, terutama saat musim penghujan. Salah satu penyebabnya dikarenakan drainase di kawasan tersebut tidak berfungsi maksimal. Sehingga mengakibatkan aspal sering terkikis.