Tim pengajar di Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Malang. (Foto: Humas)
Tim pengajar di Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Malang. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Tim pengajar di Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) mendapat kesempatan dalam penelitian kompetitif yang diamanahkan oleh Project Management Unit (PMU) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang). Dalam program ini, beberapa tim dosen akan didanai khusus untuk melakukan proyek pendidikan tersebut.

Direktur PPB Dr M Abdul Hamid, menjelaskan, bahwa PMU mendapat amanah dari The Saudi Fund for Development (SFD) untuk mendistribusikan dana penelitian di internal kampus.

Baca Juga : Geranium Radula, Tanaman Cantik Pembasmi Nyamuk

Ia pun menyambut baik niat PMU, karena ia yakin, nantinya hasil riset akan berguna bagi peningkatan kualitas belajar-mengajar di UIN Malang, khususnya bagi mata kuliah bahasa asing.

“Alhamdulillah, PPB mendapat dana penelitian yang selama ini memang kami perjuangkan untuk dosen-dosen Bahasa Arab dan Inggris,” ungkap Hamid.

Nantinya, akan ada 10 penelitian yang akan didanai. Pihak PPB berharap agar penelitian yang dilakukan para dosen memuat segala hal yang aplikatif untuk pengajaran bahasa asing.

“Kami tidak mau penelitian yang topiknya terlalu umum dan tidak memberi kontribusi apapun untuk PPB dan UIN Malang,” tegasnya.

Tak hanya dana penelitian, Direktur PPB juga menyatakan, pihaknya mendapat dana khusus untuk pengembangan media pembelajaran. Alokasi dana ini akan digunakan untuk membuat media berupa video dan aplikasi yang pastinya akan digunakan dalam pengajaran bahasa asing, di bawah kendali PPB.

Baca Juga : Mendikbud Nadiem Gembleng Ribuan Calon Guru Penggerak selama 9 Bulan sebelum Ditugaskan

“Ini benar-benar suatu hal yang patut kami syukuri karena kampus melalui PMU memberi kesempatan yang sangat besar bagi PPB untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar bahasa asing,” pungkasnya.