Bus Malang City Tour (Macito) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source Instagram).)
Bus Malang City Tour (Macito) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source Instagram).)

MALANGTIMES - Kabar gembira bagi kalian yang menantikan kembali beroperasinya Bus Wisata Kota Malang atau Bus Macito (Malang City Tour). Sebab di tahun 2021 mendatang, bus tingkat tanpa atap dengan warna khas hijau itu bakal kembali beroperasi.

Bahkan, secara khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan menambah 2 bus Macito baru untuk menyambut warga lokal maupun wisatawan yang ingin berkeliling Kota Malang dengan transportasi ikonik tersebut.

Baca Juga : Instagramable, Hutan Jati Tulupari Tiris Suguhkan Spot Foto Musim Gugur ala Korea

 

"Sudah kita rencanakan akan ada empat (Bus Macito). Dua pembelian baru, dua kita mengupayakan yang kemarin (Bus Macito lama yang akan di re-design)," jelas Wali Kota Malang Sutiaji.

Namun, ciri khas dari Bus Macito yang selama ini menemani para wisatawan itu kemungkinan akan diubah total. Pasalnya, disesuaikan dengan standar keamanan bagi penggunanya.

Jika sebelumnya khas Bus Macito bertingkat dengan atap terbuka, kemungkinan akan ada pemangkasan di bagian tersebut. Desain barunya, bukan lagi atap terbuka melainkan terbuka di bagian samping.

"Biayanya lebih cepat beli baru ketimbang yang kemarin (re-design bus Macito yang lama).
Perkara menarik atau tidak, mungkin tidak seberapa, menarik yang dulu karena tidak setinggi yang dulu. Kemudian tidak terbuka, karena faktor keamanan. Terbukanya sebelah samping," imbuhnya. 

Konsep perubahan design pada bus wisata ini disesuaikan sedemikian rupa. Sehingga ketika telah dioperasikan kembali, tidak ada kekhawatiran terlalu tinggi atau membahayakan wisatawan karena mepet dengan kabel yang menjalar dan ranting pohon.

Baca Juga : Kabupaten Malang Miliki Bukit Kembaran di Makkah, Keindahannya Seperti Negeri di Atas Awan

"Diubah itu atas rekomendasi dari Dirlantas. 
Kan dulu ditanya suratnya kok tidak ada, dievaluasi, ketika nggak dikeluarkan faktornya keselamatan," tandasnya.

Lebih jauh, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Handi Priyanto menyampaikan anggaran untuk penyediaan Bus Macito baru dan re-design ini sebesar Rp 4 miliar. Nantinya, masyarakat ataupun wisatawan akan bisa menikmati layanan bus wisata ini ke area-area khusus kawasan wisata heritage di Kota Malang.

"2021 akan ada New Macito. Nggak tau namanya apa, New Macito atau lain. Yang pasti desainnya berubah 180 derajat dari yang ada sekarang dan dipastikan itu tidak ada aturan pelanggaran. Kalau ngomongin rutenya, kita pastikan nanti akan melalui daerah-daerah, historis, heritage Kota Malang," ungkapnya.