Sudarno saat menunjukkan keris sengkelat Sultan Agung dari abad ke-15 di Lobby Utama, Balai Kota Among Tani, Jumat (16/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Sudarno saat menunjukkan keris sengkelat Sultan Agung dari abad ke-15 di Lobby Utama, Balai Kota Among Tani, Jumat (16/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keris Sengkelat Sultan Agung dari abad ke-15 merupakan salah satu benda pusaka yang sangat istimewa. Keris ini hadir di tengah-tengah gelar dan Bursa Tosan Aji Nusantara di Lobby Utama, Balai Kota Among Tani, Jumat (16/10/2020).

Pameran benda pusaka itu merupakan salah satu kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batu ke-19 pada Sabtu (17/10/2020) mendatang. Beragam benda pusaka dipamerkan dari Sangga Braja.

Baca Juga : Film Pendek "Sabda Aji" Gambarkan Kehidupan Pesantren di Tengah Pandemi

 

Benda pusaka yang pamerkan itu ada sebanyak 19 buah keris dan 19 buah tombak. Tentunya benda pusaka yang dipamerkan itu memiliki keistimewaan masing-masing.

“Keris dan tombak yang dipamerkan ini rata-rata dari era kerajaan Singhasari abad 18 sampai era kerajaan Majapahit,” kata Ketua Pelaksana Gelar dan Bursa Tosan Aji Nusantara, R.T. Sudarno Hadipuro.

Selain pameran, juga ada bursa jual beli benda pusaka yang pesertanya bukan hanya dari Malang Raya, tetapi juga dari luar daerah. Seperti dari Solo, Lumajang, Blitar, Madura, Jember, Semarang, Pasuruan, dan sebagainya.

Menurutnya, digelarnya kegiatan ini untuk melestarikan budaya nusantara yang telah diakui oleh UNESCO. Kemudian untuk mengajak masyarakat agar ikut melestarikan budaya milik sendiri.

“Supaya ada generasi selanjutnya yang melestarikan benda pusaka ini. Sehingga dengan kegiatan ini juga sebagai sarana edukasi bagi para pelajar juga,” imbuhnya.

Baca Juga : 60 Benda dan Bangunan di Kota Malang Ditargetkan Jadi Cagar Budaya Tahun 2020

 

Hanya saja gelar dan bursa ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Juga dengan membatasi peserta bursa. 

Bagi kalian yang tertarik seperti apa saja benda pusaka dan bursa yang dipamerkan, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16-18 Oktober 2020.