Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB saat meninjau Satpas SIM Polresta Malang Kota (Humas Polresta Malang Kota)
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB saat meninjau Satpas SIM Polresta Malang Kota (Humas Polresta Malang Kota)

MALANGTIMES - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) menilai Satpas SIM Polresta Malang Kota sudah melakukan pelayanan publik dengan bagus.

"(Satlantas) Polresta Malang Kota ini sudah bagus ya, ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan, Maret lalu kami berkunjung kesini dan (sekarang) sudah dipenuhi, kami juga melihat ada beberapa hal kecil untuk lebih ditingkatkan bagaimana infrastruktur dan pelayanan masyarakat," kata Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Prof Diah Natalisa, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga : Polisi Tambah Dua Tersangka Pelaku Perusakan saat Demonstrasi Tolak UU Cipta Kerja di Malang

 

Menurut Diah, Satpas SIM Polresta Malang Kota sangat serius meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya, menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19.

"Dengan penilaian yang berkelanjutan, perbaikan juga akan berkelanjutan. Jadi setiap tahun kami melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelayanan yang diberikan, dalam hal ini fokus kita sekarang adalah di SKCK dan di Satpas SIM," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution mengaku bersyukur atas tinjauan dari Kemenpan RB. Terlebih, Satpas SIM dinilai telah melakukan beberapa peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Kunjungan awal di 2019, ada beberapa pembenahan yang harus kami laksanakan. Alhamdulillah saat ini dinyatakan oleh Kemenpan RB sudah sempurna dan sudah tidak ada kekurangan lagi, karena sudah baik dan sesuai dengan arahan publik yang ada di Kemenpan RB," kata AKP Ramadhan. 

Kasatlantas yang akrab disapa Rama itu menjelaskan kepada tim Kemenpan RB seluruh alur pelayanan publik di Satpas SIM Polresta Malang kota. "Kami laksanakan pemaparan di setiap titik entry data sampai cetak. Beliau di sini kurang lebih 20 menit melihat setiap titik-titiknya," ungkapnya.

Baca Juga : Puluhan Pelajar Diamankan Polisi, Demo Susulan Tolak UU Cipta Kerja di Malang Batal Digelar

 

Mengenai perubahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, AKP Rama menuturkan bahwa saat ini di Satpas SIM sudah ada survei kepuasan masyarakat. Setelah proses pembuatan atau perpanjangan SIM, selalu ada penilaian masyarakat terhadap kinerja Satpas SIM melalui online.

"Untuk tanggapan dari masyarakat sendiri, Alhamdulillah survei kepuasan masyarakat secara digital sampai saat ini mereka sangat puas. Hal ini juga mendukung saat penilaian WBBM nanti, salah satunya ya di pelayanan ini," pungkasnya.