Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (Hendra Saputra)
Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Musim hujan yang dalam beberapa tahun terakhir selalu datang menjelang akhir tahun membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang bersiap diri. Salah satunya yakni mengimbau masyarakat agar tertib dalam membuang sampah ke tempatnya, juga terus berupaya untuk membersihkan sampah di setiap sudut kota sebelum musim hujan turun agar tidak sampai membuat buntu selokan dan mengakibatkan banjir.

Banjir memang selalu menjadi permasalahan di kota besar seperti halnya Kota Malang, namun untuk menyelesaikan hal itu tidak bisa hanya peran dari pemerintah, melainkan peran serta masyarakat dalam membuang sampah.

Baca Juga : Buat Kawasan TPU Sukun Nasrani Semakin Bermanfaat, Ini Rencana Apik UPT PPU

Karena dari pantauan media ini, dari beberapa kali petugas kebersihan DLH Kota Malang melakukan kerja bakti baik di sungai atau jalan raya, masih banyak sekali sampah yang langsung dibuang di sungai. Hal itu lah yang menyebabkan buntunya aliran air dan bisa mencemari lingkungan

Kepala DLH Kota Malang, Rinawati menuturkan bahwa kebersihan menjadi tanggung jawab bersama, baik dari pemerintah maupun masyarakat. Karena dalam hal ini masyarakat adalah pemeran utama dalam kehidupan sehari-hari, dimana setiap harinya akan ada sampah yang dihasilkan. Jika sampah tersebut dibuang sesuai tempatnya, petugas kebersihan akan jauh lebih mudah untuk membersihkan sisa yang ada.

"Tugas intensif selalu dilakukan oleh pihak kami, tapi harapannya masyarakat juga ikut terlibat untuk menjaga kebersihan. Karena tidak semuanya bisa dipantau oleh dinas, dan jika bisa menjaga kebersihan lingkungan masyarakat juga supaya bersih dan sehat," ungkap Rinawati.

Selain bisa membuang sampah ke tempatnya, Rinawati menuturkan bahwa alangkah baiknya jika masyarakat mulai membiasakan mengolah sampah dari rumah dengan menerapkan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), karena dengan itu tidak hanya masyarakat saja yang bisa merasakan manfaatnya, tapi juga ekosistem di sekitarnya.

Baca Juga : Atasi Banjir, Dinas PUPRPKP Kota Malang Ajukan Pembangunan Crossing di Suhat

"Ekosistem di lingkungan kan banyak, sungai juga begitu, ada tanaman atau bahkan ikan didalamnya, jadi kita bersama harus bisa menjaga," harapnya. "Intinya itu agar sungai atau selokan agar selalu bersih. Dan di kemudian hari tidak terjadi banjir saat musim hujan tiba," imbuhnya mengakhiri.