Menelisik Keturunan Rasulullah SAW, Benarkan Masih Ada?

Oct 08, 2020 07:35
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Keberadaan keturunan langsung Rasulullah SAW masih menjadi perdebatan hingga hari ini. Sebagian meyakini keturunan Rasulullah SAW masih ada hingga akhir zaman nanti. Namun sebagian lagi bertanya-tanya mengenai kebenaran keberadaan keturunan Nabi Muhammad SAW tersebut.

Habib Ali Zaenal Abidin Al Kaff dalam sebuah kajian menyampaikan, keberadaan keturunan Rasulullah SAW sebenarnya telah disampaikan dalam berbagai hadis, bahkan Al-Quran. Dalam hadis sahih, Rasulullah SAW pernah menyampaikan bahwa pada akhir zaman nanti, Allah SWT akan mengutus seorang Imam Mahdi untuk mengajak umat muslim melakukan kebaikan.

Rasulullah SAW pun berkata, “Dan dia adalah keturunanku.”

Baca Juga : Viral Perjuangan Kakek Tunanetra Meraba-raba Tembok untuk Menunaikan Salat

Bermula dari hadis tersebut, maka secara akal sehat manusia dapat disebut bahwa keturunan Rasulullah SAW pasti ada saat ini. Pasalnya, Rasulullah SAW sudah menegaskan bahwa keturunannya akan menjadi Imam Mahdi saat akhir zaman.

“Secara akal, maka apakah mungkin keturunan Rasulullah SAW itu tiba-tiba muncul di akhir zaman?” kata Habib Ali Al-Kaff.

Bukan hanya itu. Keberadaan keturunan Rasulullah SAW juga ada di dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya dia yang mengatakan engkau tidak memiliki keturunan wahai Muhammad, dialah yang tidak memiliki keturunan.”

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah SAW mengatakan, anak dari Fatimah merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW pun berkata, “Setiap anak yang dilahirkan ibunya bernasab kepada ayahnya, kecuali anak-anak dari Fatimah. Akulah wali mereka, akulah nasab mereka dan akulah ayah mereka.”

Baca Juga : Cantiknya, Begini Tampilan Tanaman Hias yang Dipamerkan di Pameran Virtual Terbesar

Fatimah merupakan salah satu putri kesayangan Rasulullah SAW yang dikaruniai dua orang putra. Keduanya adalah Hasan dan Husein yang merupakan cucu Nabi Muhammad SAW dan bernasab kepada Nabi Muhammad SAW.

Berbeda dengan cucu Rasulullah SAW lain yang bernasabkan pada ayahnya masing-masing. Dalam berbagai kisah disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah  dikaruniai tujuh anak. Tiga di antaranya adalah laki-laki dan empat perempuan. Ketujuh anak Rasulullah SAW itu adalah Qasim, Abdullah, Ibrahim, Zaenab, Ruqoiyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah Azzahra.

 

Topik
Rasulullah SAWNabi Muhammad SAWHabib Ali Zaenal Abidin Al Kaffkajian islami

Berita Lainnya

Berita

Terbaru