Operasi Yustisi Dinilai Efektif Turunkan Sebaran Covid-19

Oct 05, 2020 18:28
Kabag Ops Polres Malang, AKP Hegy Renanta saat ditemui awak media di salah satu cafe di sekitar Mapolres Malang, Senin (5/10/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Kabag Ops Polres Malang, AKP Hegy Renanta saat ditemui awak media di salah satu cafe di sekitar Mapolres Malang, Senin (5/10/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Operasi yustisi oleh jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Malang, dinilai efektif menurunkan jumlah perkembangan persebaran Covid-19 di wilayah terluas kedua di Jawa Timur (Jatim) ini.

Hal ini disampaikan oleh Kabag Ops Polres Malang AKP Hegy Renanta, yang mengatakan, bahwa selama dua minggu atau lebih tepatnya 14 hari, telah dilakukan 6.000 operasi yustisi. Angka tersebut disampaikan oleh Hegy, terbanyak se-Nasional. Hasilnya, Kabupaten Malang yang berada di zona oranye menjadi zona kuning yang berarti memiliki risiko rendah.

Baca Juga : Kasus Covid-19 di Kota Malang Menurun Signifikan

Peralihan status atau zona Covid-19 itu didasarkan dengan adanya operasi yustisi dengan penegakan tegas bagi para pelanggar protokol kesehatan.

"Kami terbanyak menindak. Untuk operasi, setiap hari di setiap Polsek ada total delapan kali setiap harinya. Untuk itu, kami ada sekitar 6.000 pelaksanaan dan itu terbanyak se-Nasional," ungkapnya ketika ditemui awak media, Senin (5/10/2020).

Dari pelaksanaan 6 ribu operasi yustisi, dikatakan Hegy, telah memberikan teguran kurang lebih pada 128.000 warga di wilayah Kabupaten Malang. Angka penindakan diperoleh dari operasi yustisi yang dilakukan di 30 kecamatan.

Hegy juga menjelaskan, bahwa terkait pelaksanaan operasi yustisi yang dinilai efektif menekan persebaran Covid-19, juga terdapat beberapa kendala yang dialami oleh jajaran petugas gabungan.

"Sebenarnya merasa letih, karena operasi yustisi dilakukan hingga malam hari. Tapi karena komitmen dari Forkopimda Kabupaten Malang, letih dan capek semua teratasi," jelasnya.

Karena tujuan utama dari pelaksanaan operasi yustisi juga untuk mengembalikan kondisi Kabupaten Malang seperti dulu kala yang bebas pandemi Covid-19.

Baca Juga : Soal Vaksin Covid-19, Presiden Joko Widodo Optimis Bakal Tersedia Akhir 2020

Selain upaya operasi yustisi yang dinilai efektif menurunkan perkembangan pasien Covid-19, Hegy pun bersama petugas gabungan akan terus melakukan sosialisasi 3 M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan) yang menjadi imbauan wajib di berbagai daerah.

"Kami akan tingkatkan lagi giat operasi yustisi dan tidak akan lelah mensosialisasikan 3M (Mengenakan Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) kepada warga Kabupaten Malang," terangnya.

Sebagai informasi bahwa hingga saat ini Kabupaten Malang telah memasuki zona kuning dengan resiko rendah. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang per hari Senin (5/10/2020) pukul 14.16 WIB, total pasien terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 927 orang, 819 dinyatakan sembuh dan 61 orang meninggal dunia.

Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru