Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Aglaonema menjadi salah satu tanaman hias yang kini tengah naik daun dan banyak digandrungi. Selain cantik dan indah, aglaonema menjadi tanaman yang mampu membuat ruangan menjadi lebih hidup dan segar. Sehingga tak heran jika tanaman hias yang satu ini banyak digemari.

Tapi sayangnya, para pemula yang baru saja menggeluti dunia pertanaman terkadang masih sangat bingung mengenai tata cara merawat aglonaema yang baik dan benar. Karena meskipun tergolong mudah merawatnya, namun perlu pengetahuan agar tanaman cantik yang telah dibeli tak rusak begitu saja.

Baca Juga : Jangan Ketinggalan, Pameran Virtual Bunga Terbesar Hadir di Malang

 

Nah, buat yang ingin tahu tentang tata cara merawat aglonaema yang baik dan benar bisa banget gabung dengan pameran dan lelang bunga virtual pertama dan terbesar di Malang Raya. Pameran bisa dipantau melalui MalangTIMES ataupun Nusa Daily. Selain itu, bisa juga dikunjungi langsung di Hall Utama Cybar Mall Malang pada 3 hingga 4 Oktober 2020 mendatang.

Karena selain melakukan lelang dan pameran beragam tanaman hias, pameran dan lelang virtual tanaman hias pertama dan terbesar di Malang Raya itu juga akan menyuguhkan sederet pengetahuan dan edukasi mengenai tanaman.

Salah satunya akan dibagikan oleh petani bunga sekaligus peserta pameran, Denok Wahyu Lestari. Tips dan trik merawat aglonaema dan deretan tanaman hias lain akan dibagikan secara cuma-cuma.

Denok menjelaskan, para pemula yang baru saja menekuni dunia pertanaman memang memerlukan pengetahuan saat akan merawat tanaman yang dibeli. Karena mungkin saja, selama ini pembeli cenderung membeli produk yang tidak disertai dengan pengetahuan berkaitan dengan cara merawat aglonaema dan tanaman hias lainnya.

"Penjual seharusnya juga menyertakan ilmunya tentang perawatan aglonaema kepada pembeli," katanya.

Sehingga, lanjutnya, m pembeli tidak hanya membeli dan tanam, tapi juga membeli untuk dinikmati proses penanaman dan pemeliharaannya. Dia pun berencana mencantumkan mengenai tata cara merawat tanaman, terutama aglonaema yang baik dan benar melalui kartu nama yang dicantumkan pada setiap bunganya.

"Karena merawat itu bagian terpenting," jelasnya.

Baca Juga : Keunikan Daun Bunga Begonia Bikin Penghobi Tanaman Gandrung

 

Lebih jauh Denok menyampaikan, selama ini ia memang banyak merawat dan menjual aglonaema dan berbagai jenis tanaman anggrek. Saat ini, pasar aglonaema terbilang yang paling besar. Permintaan pun semakin banyak. Selama ini hampir seluruh wilayah di Jawa telah ia kirimi bunga-bunga dan tanaman hias yang ia rawat tersebut.

"Sementara ini saya hanya wilayah pulau Jawa mbak. Karena ada daerah tertentu untuk tanaman ada yang harus karantina. Kalau dikarantina takutnya tanaman nggak kuat, sayang jadinya," terang Denok.

Saat ini, dia pun masih mencari beberapa upaya untuk bisa memenuhi pasar di luar Jawa. Sehingga keinginan pelanggan bisa terpenuhi untuk urban farming khusus aglonaema tersebut. Karena memang ada beberapa jenis tanaman yg terbilang cukup kuat. Seperti Hot Lady, Andini, Harley queen atau Siam Aurora.

"Untuk harganya sediri beragam, ada beberapa yang mencapai Rp 1,5 juta yaitu Kanza. Ada Ayu Green yg mungkin bisa tembus Rp 1,2 juta," pungkasnya.

Semua koleksi cantik dari Denok itu bisa dipantau dalam gelaran pameran dan lelang tanaman hias pertama dan terbesar di Malang Raya. Pameran dan lelang virtual pertama dan terbesar di Malang Raya itu didukung penuh oleh MalangTIMES, Nusa Daily, Telaga Ab Saodah Property, Bangun Indah Graha, Cozy, dan SGL.