Capture gambar CCTV saat pelaku pencurian tong sampah beraksi. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Capture gambar CCTV saat pelaku pencurian tong sampah beraksi. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pelaku pencurian biasanya mengincar benda-benda berharga yang bisa dijual dengan harga tinggi. Namun tidak untuk pelaku pencurian di kawasan kompleks ruko Jalan Simpang Gajayana, Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, yang melakukan aksinya pada Senin (28/9/2020).

Pelaku pencurian di lokasi tersebut justru aneh. Sebab, barang yang dicuri merupakan barang yang nilainya mungkin tak lebih dari Rp 50 ribu dan bahkan bisa jadi tidak bernilai jual. Barang yang dicuri pelaku merupakan sebuah tempat sampah yang berada di depan ruko sebuah percetakan.

Baca Juga : Awas, bukan hanya Motor, Barang Ini Juga Jadi Sasaran Maling

 

Deny Stava (33), pemilik ruko, membenarkan bahwa dia kehilangan tempat sampah di depan ruko. Tempat sampah itu diketahui dicuri seorang pria yang mengendarai motor setelah Deny melihat rekaman CCTV di rukonya.

"Kejadiannya Senin (28/9/2020) sekitar pukul 04.00 WIB. Padahal tong sampahnya sudah kotor dan sudah setahun lalu saya beli. Paling harganya juga nggak sampai Rp 100 ribu," ungkapnya, Selasa (29/9/2020).

Deny sendiri tak habis pikir mengapa tempat sampah kumuh yang dicuri. Namun, kejadian kehilangan tempat sampah bukan pertama dia alami. Deny mengaku telah dua kali kehilangan tempat sampah.

"Sudah dua kali saya kehilangan tempat sampah. Ya tong sampah plastik itu. Padahal sampah yang saya buang sampah makanan dan tidak ada yang bisa dimanfaatkan lagi. Kalau tong sampahnya dari logam besi, mungkin masih ada harganya. Tapi ini dari plastik dan  sudah jelek," bebernya.

Saar kehilangan tong sampah pertama,  Deny mengaku terjadi enam bulan yang lalu. Saat itu tong sampah itu diletakkan di samping tong sampah yang saat ini hilang.

Usai kejadian tersebut, ia kemudian berinisiatif memasang kamera CCTV sekaligus memberikan pengamanan terhadap lokasi parkir rukonya. "Dari kejadian pertama, saya pasang CCTV akhirnya. Sekalian ngamanin tempat parkir," terangnya.

Baca Juga : Pasangan Sejoli Terekam CCTV Curi 4 Jam Tangan, Pelaku Wanita Punya Tatto di Lengan Kiri

 

Mengenai ciri-ciri orang yang mengambil tong sampah miliknya, Deny tak mengetahui jelas. Dari rekaman CCTV,  pelaku datang menggunakan helm hitam dan mengendarai motor bebek.

Saat ini, untuk menampung sampah di rukonya, Deny tak lagi menggunakan tempat sampah dari plastik, namun sebuah karung. "Sekarang kalau buang sampah, dimasukkan karung saja. Lebih aman," ucapnya.

Sementara itu, rekaman CCTV aksi pencurian tong sampah itu kini viral setelah sempat di-posting Deny di grup media sosial Facebook.