Maling aki, saat beraksi mencuri aki di motor Viar milik perusahaan TV kabel di Jalan Sulfat Utara yang diparkir didepan kantor (Ist)
Maling aki, saat beraksi mencuri aki di motor Viar milik perusahaan TV kabel di Jalan Sulfat Utara yang diparkir didepan kantor (Ist)

MALANGTIMES - Aki kendaraan tak luput dari incaran maling. Seperti halnya yang terjadi di di kawasan Jalan Sulfat Utara, Sabtu (26/9/2020) sekitar pukul 03.00 WIB. Kali ini pencuri membidik aki kendaraan Viar yang diparkirkan di depan sebuah kantor perusahan tv kabel.

Anang Listiantoro (32) karyawan dari perusahan tv kabel tersebut menjelaskan, saat kejadian posisi kantor telah tutup. Meski demikian, di dalam kantor masih ada seorang penjaga.

Baca Juga : Polres Blitar Tangkap 3 Penadah Motor Curian dari Malang

 

Saat pelaku beraksi, penjaga di dalam kantor sama sekali tidak mendengar adanya suara mencurigakan terkait aksi pencurian. Sehingga dari situ pelaku akhirnya bisa dengan tenang beraksi melakukan pencurian.

"Situasinya pas sepi. Pelaku atau orang langsung mengambil aki yang ada di bawah jok motor. Posisi aki juga tidak terkunci, hanya diikat tali, makanya bisa dicuri dengan mudah," jelasnya, Sabtu (26/9/2020).

Saat beraksi, pelaku nampaknya tak sadar jika aksinya terekam oleh kamera CCTV. Dari rekaman CCTV, pelaku hanya membutuhkan waktu sekitar 35 detik untuk mengambil aki orisinil motor Viar tersebut dan kemudian kabur.

"Kejadian baru diketahui pada pagi hari, saat karyawan akan menggunakan kendaraan operasional, mau dinyalakan tidak bisa. Saat diperiksa, akinya sudah hilang. Setelah lihat CCTV ternyata ada yang ngambil. Tapi saat ini motornya sudah dibelikan aki lagi, ya kalau kerugian sesuai harga akinya sekitar Rp 270 ribu," jelasnya.

Baca Juga : Polres Batu 12 Hari Ungkap 14 Kasus Narkoba dan Okerbaya

 

Setelah kejadian tersebut, kendaran operasional kantor tak lagi diparkirkan di depan kantor. Kendaraan saat ini diparkirkan di lokasi lainnya yang lebih aman.

Sementara itu, disampaikannya juga jika kejadian kehilangan aki tak hanya menimpa kendaraan kantornya saja. Salah satu rekan karyawan perusahaan tv kabel tersebut sehari sebelumnya juga kehilangan aki kendaraan. "Ada temannya karyawan sini, dua aki truknya hilang. Kejadiannya di Jalan Danau Maninjau, saat parkir di perempatan, ditinggal makan tau-tau aki truknya dicuri. Kejadian pas Jumat (25/9/2020) siang," pungkasnya.