Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Amalan Sederhana Agar Masuk Surga, Rasulullah SAW Sebut Hingga 3 Kali

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Nurlayla Ratri

27 - Sep - 2020, 07:11

Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Rasulullah SAW selalu memberikan amalan dan contoh yang baik kepada umatnya. Rasulullah SAW juga telah mewariskan berbagai amalan-amalan mulia yang bisa dikerjakan oleh umat muslim dalam meraih surga. 

Amalan-amalan mulia itu sangat lekat dengan aktivitas muslim sehari-hari. Lantas apa saja amalan mulia itu?

Baca Juga : Suku Baduy Sudah Banyak yang Masuk Islam, Inilah Perkampungannya

 

Habib Ali Al-Kaff dalam sebuah kajian menyampaikan, Rasulullah SAW menyebut jika amalan yang paling mulia adalah untuk tidak marah. Artinya, ketika bisa mengendalikan amarah, maka orang itu sangatlah mulia.

Rasulullah SAW menyampaikan, seseorang yang bisa menahan amarah akan mendapat pahala besar. Karena itu adalah kebaikan yang hebat. 

Dalam sebuah hadits, seorang sahabat mendatangai Rasulullah SAW dan bertanya tantang amalan yang paling mulia.

Maka saat itu, Rasulullah SAW menjawab, “Janganlah kamu marah.”

Setelah itu, sahabat tersebut kembali bertanya, “Lalu amalan apa lagi setelah itu ya Rasulullah SAW?”

Rasulullah SAW pun menjawab yang sama, “Jangan marah.” Lalu sahabat tersebut kembali bertanya untuk yang ke tiga kalinya, “Lantas apa lagi ya Rasulullah SAW?”

Rasulullah SAW kembali menjawab sama, "Janganlah kamu marah," terang Rasulullah SAW.

Baca Juga : Ada Sejak Lahir, Ini Setan yang Mengikuti Manusia Hingga Ajal Menjemput

 

Jawaban Rasulullah SAW yang diulangi hingga ke tiga kalinya menunjukkan jika menahan amarah adalah amalan yang sangat mulia. Karena memang itu sebuah kebaikan, dan memang sangat sulit dikerjakan.

Amalan-amalan itupun kemudian dilaksanakan oleh para sahabat Rasulullah SAW. Dalam berbagai riwayat dijelaskan, para sahabat yang mendapatkan kedudukan mulia senantiasa memaafkan orang-orang yang menzolimi mereka.

Karena ketika ditanya apa amalan terbaik para sahabat, maka para sahabat menyampaikan jika mereka tidak tidur sebelum memaafkan orang-orang yang telah menzolimi mereka. 

Setiap malam saat hendak tidur, para sahabat akan merenung dan memaafkan setiap kesalahan orang-orang yang menzolimi mereka.

"Itu memang amalan yang sangat berat. Namun Islam mengajarkan bahwa itu amalan berat yang menghasilkan surga," terang Habib Ali Al-Kaff.


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Nurlayla Ratri