Warga Suku Baduy mualaf  (Foto: YouTube Baduy Corner)
Warga Suku Baduy mualaf (Foto: YouTube Baduy Corner)

MALANGTIMES - Suku Baduy bermukim di kaki Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.  

Dilansir melalui tayangan video di channel YouTube Baduy Corner, orang-orang Suku Baduy mayoritas menganut ajaran "sunda wiwitan" yakni salah satu aliran kepercayaan.  

Baca Juga : Kisah Sesungguhnya Buah Terlarang, Bukan Penyebab Adam Turun ke Bumi

 

Namun siapa sangka saat ini banyak warga Suku Baduy yang justru berpindah agama menjadi Islam alias mualaf.  

Bahkan, terdapat kampung khusus bagi para mualaf yang berada sekitar 6 km dari Ciboleger dan Kaduketug, kampung terluar Suku Baduy.  

Kampung khusus para mualaf itu bernama "Kampung Landeuh 60 Mualaf Baduy" tepatnya di desa Bojong Menteng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.  

Menurut pengelola kampung tersebut, di perkampungan itu merupakan tempat bagi orang Suku Baduy yang memeluk agama Islam.  

Dalam video berdurasi 8.36 itu, juga terlihat para ibu-ibu yang tampil berhijab. Seakan menunjukkan jika kampung tersebut benar-benar penduduk muslim.  

Diketahui, agama yang dianut oleh warga Suku Baduy ialah sunda wiwitan yang merupakan aliran kepercayaan mereka.  

Namun, bagi warganya yang memeluk Islam atau keluar dari kepercayaan sunda wiwitan diwajibkan juga keluar dari kampung Baduy.  

Sehingga mereka yang berpindah keyakinan tidak bisa tinggal di Baduy lagi. Tampak pula beberapa bangunan dari kayu yang terlihat sederhana sebagai tempat warga Baduy yang memutuskan mualaf.

Salah satu seorang warga perempuan mengaku jika ia sudah hampir satu tahun menjadi soerang mualaf dan tinggal di kampung mualaf bersama anak dan suaminya.  

Salah satu pengelola kampung mengatakan jika di kampung tersebut terdapat 40 rumah bagi para mualaf.  

"Kalau rumah ada 40 yang terisi ada 34," ujar salah satu pengelola.  

Pengelola itu lantas mengatakan jika pihaknya menargetkan akan ada 60 rumah di perkampungan mualaf itu.  

Baca Juga : Abu Jahal Akui Ajaran Rasulullah, Ingkar Gara-Gara Persaingan Suku

 

Pengelola lain mengatakan jika di kampung itu nantinya akan dijadikan sebagai center atau pusat bagi orang-orang Suku Baduy yang memeluk agama Islam.  

Bahkan, pengelola kampung juga berencana untuk terlebih dahulu membangun masjid di perkampungan tersebut.  

Di sisi lain, pihak pengelola akan memberikan fasilitas bagi para mualaf untuk mengenal agama Islam.

"Setiap yang masuk ke sini nanti bapak ibuknya kita didik di sini, anaknya kita bawa ke pesantren yang ada di Tangerang," ujar sang pengelola.  

Anak-anak tersebut nantinya jika sudah keluar dari pesantren diharapkan untuk bisa membantu mendidik para mualaf di perkampungan tersebut.

Pihak pengelola juga mengatakan jika mereka telah bekerja sama dengan beberapa pesantren untuk membantu para mualaf.  

Sementara untuk biaya fasilitas, mereka mengatakan jika pihak pengelola telah mendapat banyak donasi dari beberapa pihak, termasuk biaya pesantren anak-anak yang nantinya di cover. 

VIDEO: Baduy Masuk Islam - Kampung Mualaf Baduy