Wadi Usfan, saksi bisu perjalanan para Nabi menyebarkan syiar Islam (Youtube Alman Mulyana).
Wadi Usfan, saksi bisu perjalanan para Nabi menyebarkan syiar Islam (Youtube Alman Mulyana).

MALANGTIMES - Timur Tengah menjadi salah satu kawasan tujuan Rasulullah SAW dan para Nabi dalam mensyiarkan ajaran Islam. Beberapa lokasi pun selalu menjadi jujukan Rasulullah SAW dan para Nabi sebelum berakhir di Timur Tengah.

Salah satunya adalah kawasan peristirahatan di sebuah wilayah berupa lembah yang sangat luar biasa dan istimewa bernama Usfan. Lembah tersebut diberi mama Usfan lantaran memiliki arti lembah yang tersesat di padang pasir. Saat ini, lembah tersebut telah bisa diakses dengan jalan tol.

Baca Juga : Senang Bergurau, ini Kisah Rasulullah SAW Menggoda Seorang Nenek

Kondisi lembah istimewa itu pun terlihat begitu indahz sebagaimana video yang dibagikan Alman Maulana dalam channel YouTube-nya. Terlihat, Usfan merupakan kawasan yang begitu terik.

Dalam video tersebut, Alman menjelaskan jika di lembah tersebut terdapat sebuah bangunan. Bangunan tersebut diberi nama Wadi Usfan. Konon, Wadi Usfan menjadi salah satu tempat berteduh para Nabi saat akan melakukan syiar Islam ke Negeri Timur Tengah.

Di lembah tersebut terdapat banyak sumber air. Sehingga, saat akan menyebarkan Islam ke seluruh pelosok Timur Tengah, maka para Nabi akan melalui kawasan ini. Beberapa Nabi yang pernah singgah di kawasan tersebut seperti Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, dan Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya.

Lembah tersebut banyak dilakukan penghijauan saat ini. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan jalan beraspal yang mulus. Namun, kondisi itu jauh berbeda dengan kondisi saat Rasulullah SAW perjalanan dari Makkah ke Madinah untuk melaksanakan syiar Islam.

Wadi Usfan yang menjadi tempat beristirahat para Nabi untuk melepas lelah itu terbuat dari bebatuan. Pada bangunan tersebut, Alman menunjukkan beberapa tumpukan bebatuan yang seolah menunjukkan bekas kamar. Kemudian terdapat satu titik seperti di bawah tanah.

Tempatnya sangat gelap, namun terasa sangat dingin. Padahal kondisi di luar sangat panas layaknya padang pasir pada umumnya. Bahkan, Alman menyebut jika area bawah tanah di bangunan tersebut seperti dilengkapi dengan AC, dan membuatnya sangat dingin.

Baca Juga : Tak Cebok Jadi Penyebab Siksa Kubur, Begini Sabda Rasulullah SAW

"Di sinilah para Nabi melepaskan rasa lelahnya. Herannya kayak ada AC-nya," kata Alman dalam video.

Lebih jauh Alman juga menunjukkan beberapa bangunan seperti bekas kamar. Tatanan bebatuannya pun saat ini sudah dilakukan perbaikan supaya tidak rusak dan menyerupai bentuk aslinya.

Bangunan berada di sebuah perbukitan yang sangat tinggi. Terdapat sebuah tangga untuk menuju ke bangunan Wadi Usfan tersebut. Bangunan pun dikelilingi dengan pagar. Lokasinya berada di tengah jalan tol.